Rabu , 2 Desember 2020

Widodo Muktiyo: Pandemi Covid-19, Aspek Kesehatan Tetap Jadi Prioritas

14 November 2020 11:31 WIB


Dirjen IKP Kominfo RI, Prof. Widodo Muktiyo.

SOLO, solotrust.com - Di masa pandemi Covid-19 sekarang, aspek kesehatan dan ekonomi menjadi hal penting, namun aspek kesehatan menjadi prioritas. Demikian disampaikan Direktorat Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Widodo Muktiyo.

“Aspek kesehatan menjadi tetap tertinggi penanganannya,” tuturnya, ditemui di sela acara Forum Diskusi Publik bertajuk Peran Mahasiswa dalam Menyukseskan Pemilihan Serentak 2020 di Ruang Digital, di Emerald Grand Ballroom Solo Paragon Hotel Solo, Jumat (13/11/2020).



Saat ini, menurut Widodo Muktiyo, komunikasi yang perlu dikembangkan, yakni bagaimana membuat Indonesia Sehat, Indonesia Kerja, dan Indonesia Bangkit.

"Indonesia sehat dulu. Setelah sehat kemudian bekerja, selanjutnya bangkit dalam menghadapi pandemi. Itulah stateginya,” ujar dia.

Mantan Wakil Rektor Universitas Sebelas Maret mengatakan, pesan yang harus dikembangkan, yakni tidak sekadar mengatasi pandemi, namun betul-betul mengubah norma perilaku. Oleh sebab itu, perlunya mendisiplinkan masyarakat bersama-sama. Tidak hanya suara media, melainkan juga pendekatan di tingkat paling bawah, seperti RT, RW, maupun kabupaten/kota.

Diungkapkan, berdasarkan survei sebanyak 80 persen masyarakat sudah mengetahui tentang protokol kesehatan. Mereka paham tentang apa yang harus dilakukan.

“Artinya, efek yang terjadi sudah tidak hanya efek afektif, tetapi sudah koqnitif, bahkan perilaku. Seperti menjalankan pola 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” jelas Widodo Muktiyo. (din)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com