Minggu , 17 Januari 2021

Aktivitas Terkini Gunung Merapi, Terjadi Guguran 3 Kali

04 Desember 2020 14:14 WIB


Pantauan Gunung Merapi oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) (BPPTKG)

SOLO, solotrust.com – Aktivitas Gunung Merapi saat ini, Jumat (04/12/2020) pukul 12.00 WIB, terpantau telah terjadi guguran sebanyak tiga kali terhitung dari pukul 06.00 WIB tadi.

Menurut pantauan CCTV yang disiarkan langsung pada saluran YouTube Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), guguran ini mengalami penurunan sebanyak sembilan kali dari aktivitas sebelumnya di hari yang sama pukul 00.00 hingga 06.00 WIB tercatat mencapai 12 kali guguran.



Dari pantauan tersebut nampak awan putih dengan intensitas cukup tinggi menyelimuti kawasan Gunung Merapi, Ada lima kali embusan asap berasal dari kawah. Selain itu, terjadi gempa hybrid sebanyak 71 kali serta gempa vulkanik dangkal sebanyak empat kali tanpa adanya suara guguran. Angin bertiup lemah ke arah Timur dan Tenggara. Suhu udara 17 hingga 20 derajat Celsius, kelembapan udara 71 hingga 95 persen, dan tekanan udara 569 hingga 686 mmHg.

Gunung Merapi yang terletak di empat wilayah kabupaten, yakni Sleman, Magelang, Boyolali, dan Klaten sudah memasuki level siaga tiga terhitung sejak 5 November 2020 lalu. Aktivitas gunung ini terpantau mengalami kenaikan dan penurunan setiap harinya.

Dengan status saat ini, pelaku wisata, penambang pasir dan pendaki diimbau untuk tidak melakukan kegiatan di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III.

Bagi masyarakat yang akan melakukan pantauan langsung dapat mengakses saluran YouTube BPPTKG Channel atau melalui website BPPTKG. (dhika)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com