Sabtu , 16 Januari 2021

RM BTS Ungkap Apa yang Membuatnya "Iri" Pada Pelukis

19 Desember 2020 04:03 WIB


RM BTS (Dok. Big Hit Entertainment)

Solotrust.com - RM diketahui adalah pecinta seni rupa dan kerap mengunjungi pameran lukisan. Dalam wawancaranya dengan Majalah Weverse untuk peluncuran album "BE", leader BTS itu berbagi pandangannya tentang pelukis dan karya lukisnya, yang membuatnya "iri".

Awalnya, pewawancara bertanya tentang bagaimana perasaan RM ketika melihat lukisan di rumahnya atau di ruang lain dimana tidak ada orang. RM menjawabnya dengan, "Seseorang berkata, 'Anda tidak perlu membeli lukisan ini; itu milikmu selama kamu melihatnya.' Itu adalah kata-kata favorit saya akhir-akhir ini."



Dia kemudian melanjutkan dengan mengungkap apa yang membuat "iri" pada pelukis. "Apa yang paling membuat saya iri tentang pelukis adalah, bahkan setelah mereka meninggal, karya mereka akan tergantung di suatu tempat bahkan mungkin di negara lain, masih mendefinisikan ruang itu," katanya.

"Musisi juga meninggalkan lagu dan videonya, tetapi hanya melalui seni rupa pemirsa dimasa mendatang dapat sepenuhnya bertemu dengan artis dari masa lalu. Saya iri bahwa ini hanya mungkin untuk pelukis. Akhir-akhir ini saya mencoba mencari tempat dimana saya bisa mendapatkan pengalaman menonton yang lebih santai," lanjutnya.

RM juga mengatakan bahwa "Ada seni yang bisa disimpan di rumah, dan ada seni yang harus selalu dilihat di museum."

Saat BTS menggelar konferensi pers untuk rilisnya album "BE" di Dongdaemun Design Plaza, di pusat Kota Seoul, yang juga ditayangkan secara live-streaming, RM ditanya apakah ia memiliki rencana untuk debut sebagai seniman, karena ia adalah salah satu orang yang paling berpengaruh dalam dunia seni di Korea.

RM menjelaskan bahwa ayahnya ingin menjadi seorang seniman. "Ayah saya dulu bermimpi menjadi kartunis dan begitu pandai menggambar, saya tidak," kata RM

Kemampuan menggambar tersebut tampaknya tidak diturunkan kepada RM. Leader BTS itu menyatakan bahwa tidak seperti ayahnya, dia tidak memiliki bakat untuk itu.

"Jika saya objektif dengan diri saya sendiri, saya tidak memiliki bakat dalam menggambar. Jadi saya hanya akan fokus menjadi BTS. Terima kasih banyak. Saya tidak punya rencana apa pun untuk itu," jelas RM.

Meski tidak pandai menggambar atau melukis, RM sering mengunjungi pameran seni rupa. Saat hari ulangtahunnya tahun ini, RM mengunjungi pameran seni digital "Starry Beach" dari unit seni media a'strict di Galeri Kukje di pusat kota Seoul. Ia pun memposting foto kunjungan itu di akun media sosialnya.

RM kerap mengunggah tweet yang memperlihatkan foto-fotonya mengunjungi museum seni dan galeri di seluruh dunia. Di tengah jadwalnya yang padat, ia masih kerap mengunjungi pameran di negaranya sendiri.

Kim Whan Ki nampaknya adalah salah satu pelukis favorit RM. Dia telah mengunjungi berbagai pameran yang menampilkan karya master pioner lukisan abstrak di Korea Selatan itu. Seperti saat ia mengunjungi Museum Seni Ho Am, RM mencuitkan "Moon is up" di Twitternya.

Sementara itu di Museum Seni Buk Seoul, RM melihat lukisan Kim Whan Ki lain yang diberi nama "An Eternal Song". Masih dari Kim Whan Ki, RM juga pernah mengunggah foto yang memperlihatkan lukisan berjudul “Apricot flower and Pot”.

Pada bulan Agustus tahun lalu, RM mengunjungi Museum SAN (yang berarti Space+Art+Nature dan sebagai kata 산/san yang artinya gunung). Di situ, ia juga melihat lukisan Kim Whan Ki berjudul "Red Dot Painting".

Tak hanya pameran pelukis Korea di dalam negeri, saat BTS mendapatkan liburan musim panas, RM juga terbang ke Venice, Italia untuk mengunjungi pameran master lukis Korea yakni Yun Hyong Keun, yang menggelarnya di Museum Portuny. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com