Senin , 12 April 2021

Inilah 40 Lagu K-Pop Terbaik 2020 Versi Dazed

25 Desember 2020 06:00 WIB


A.C.E, grup yang lagunya "Goblin (Favorite Boys)" dipilih Dazed sebagai lagu K-Pop terbaik 2020 (Dok. Beat Interactive)

Solotrust.com - Dazed belum lama ini merilis daftar 40 lagu K-Pop terbaik 2020 versinya. Di awal, majalah asal Inggris itu mencatat dampak covid-19 bagi industri musik dan peristiwa seperti dukungan BTS untuk gerakan Black Lives Matter (BLM) dan masuknya grup itu di nominasi Grammy Awards.

"Dengan tur dibatalkan dan album ditunda, Covid-19 menghabiskan tahun 2020 dengan menghancurkan industri musik. Tidak terkecuali K-pop, memukul grup yang lebih kecil dan / atau lebih baru dengan keras. Namun bagi mereka yang lebih mapan, ada dua keuntungan: label yang paham teknologi, dan audiens yang sepenuhnya terbiasa mengonsumsi konten dari jarak jauh. Jadi saat artis barat mendirikan studio rumah dan menyalakan IG Live mereka, beberapa artis K-pop terbesar seperti BTS dan SuperM menggelar konser digital live lengkap dengan opsi kamera multi-tampilan dan pementasan penuh," tulis Dazed via laman digitalnya.



Dazed mengatakan bahwa mereka mendengarkan album dengan cara yang sama tetapi mendengar musiknya secara berbeda, mengingat kekacauan yang terjadi di seluruh dunia dan dalam hidup mereka, dan lebih dari sebelumnya, mencari jaminan atau pelarian atau bahkan hubungan manusia yang sederhana dalam musik dan fandom.

Dazed menyebut fandom paling kuat di dunia saat ini, ARMY, yang menjadi berita utama karena menyumbang $1 juta sama seperti yang dilakukan BTS untuk gerakan BLM. Dan dalam hal musik, BTS dinominasikan di Grammy Awards dengan single nomor satu pertamanya "Dynamite". 

Dalam daftar ini, lagu K-Pop yang menempati peringkat pertama adalah "Goblin (Favorite Boys)" dari A.C.E. Berturut-turut posisi lima besar ditempati oleh "pporappippam" dari Sunmi, "Criminal" dari Taemin, "LA DI DA" dari Everglow, dan "Back Door" dari Stray Kids.

Tak hanya lagu-lagu dari artis yang telah lama aktif seperti Taemin, BTS, MONSTA X, dan Apink, lagu-lagu dari artis pendatang baru seperti TREASURE, aespa, ENHYPHEN, dan Secret Number pun juga masuk daftar.

Dalam ulasannya tentang "Goblin" dari A.C.E, Dazed memuji lagu yang seperti anthem itu karena memadukan unsur rock dan tradisi Korea, dengan menulis, "'Goblin' tidak memiliki sedikit pun kemiripan musik dengan suara tahun 70-an dan 80-an yang saat ini mencengkeram K-pop, tetapi caranya mengarahkan perhatian mencerminkan pola pikir yang lebih besar, lebih baik, dan lebih berani dari dekade terakhir."

Selain itu, Dazed juga menyoroti lirik yang kuat dari lagu tersebut, saat mereka melakukan rap, yakni "Jangan bandingkan, apa pun yang mereka lakukan/ Kami melakukannya dengan lebih baik."

 

Inilah 40 lagu K-Pop terbaik 2020 versi Majalah Dazed:

1. A.C.E - "Goblin (Favorite Boys)"

2. Sunmi - "pporappippam"

3.Taemin - "Criminal"

4. EVERGLOW - "LA DI DA"

5. Stray Kids - "Back Door"

6. Dreamcatcher - "Scream"

7. TWICE - "I CAN'T STOP ME"

8. ATEEZ - "ANSWER"

9. GFRIEND - "MAGO:

10. SuperM - "Tiger Inside"

11. Weki Meki - "COOL"

12. Golden Child - "ONE (Lucid Dream)"

13. NCT U - "Make a Wish (Birthday Song)"

14. BLACKPINK - "Lovesick Girls"

15. ONEUS - "TO BE OR NOT TO BE"

16. BTS - "Black Swan"

17. ITZY - "WANNABE"

18. (G)I-DLE - "Oh my god"

19. MAMAMOO - "WANNA BE MYSELF"

20. WONHO - "OPEN MIND"

21. DRIPPIN - "Nostalgia"

22. Apink - "Dumhdurum"

23. MONSTA X - "FANTASIA"

24. SECRET NUMBER - "Got That Boom"

25. 1THE9 - "Bad Guy"

26. GWSN - "BAZOOKA!"

27. TXT - "Can't You See Me?"

28. CHUNG HA - "PLAY (feat. Changmo)"

29. IZ*ONE - "Secret Story of the Swan"

30. TREASURE - "BOY:

31. PENTAGON - "Dr. BeBe"

32. Red Velvet - IRENE & SEULGI - "Monster"

33. Aespa - "Black Mamba"

34. ENHYPEN - "Given-Taken"

35. THE BOYZ - "The Stealer"

36. LOONA - "So What"

37. NU'EST - "I'm in Trouble"

38. ONF - "Sukhumvit Swimming"

39. SEVENTEEN - "HOME;RUN"

40. BVNDIT - "JUNGLE" (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com