Minggu , 17 Januari 2021

Psycho Red Velvet Dipilih PAPER Sebagai Lagu K-Pop Terbaik 2020

24 Desember 2020 18:09 WIB


Red Velvet dalam foto konsep "Psycho" (Dok. SM Entertainment)

Solotrust.com - PAPER telah merilis daftar 40 lagu K-Pop terbaik versinya untuk tahun ini. "Psycho" dari Red Velvet menduduki posisi pertama.

Di awal, majalah terkenal asal AS itu menyoroti bagaimana musik K-Pop  menjadi penghiburan dan tidak pernah berhenti meski di tengah situasi covid-19. Majalah itu juga menyebut pencapaian BTS di Billboard HOT 100 dan masuknya ke nominasi Grammy.



"Ketika dunia berhenti beberapa bulan dalam satu tahun, musik adalah alat pelarian - cara untuk merasakan sesuatu selain terombang-ambing, atau berkubang tanpa terikat. Tapi itulah keindahan prismatik K-Pop. Itu melahirkan inovasi dan kegembiraan, warna dan dinamisme. Bagi banyak orang, ini sudah menjadi sumber pelarian, kenyamanan, dan lagu pop yang sangat bagus," tulis PAPER.

Majalah itu melanjutkan, "Artis Korea menciptakan beberapa musik paling menggemparkan dan menggugah di tahun 2020. Kelas rookie berbakat bereksperimen dengan suara retro, sementara artis wanita K-Pop paling sukses dengan berani menentang ekspektasi. Disko benar-benar mengambil alih, dan musik bising mendominasi."

"Itu juga merupakan tahun untuk terobosan karir dan tonggak utama, karena BTS, superstar terbesar di dunia, terus memecahkan rekor kiri dan kanan serta membuat terobosan baru bagi artis Korea. (Mereka memasuki tahun baru dengan tiga single No. 1 di Billboard Hot 100, seluruh album (dalam masa) karantina, dan nominasi Grammy.)," tambah PAPER.

"Dan sementara dunia semakin kecil, K-Pop menjadi lebih besar dan lebih berani - secara sonik dan estetika. Ketika pandemi virus corona global mengakhiri tur langsung, industri K-Pop menghadirkan tontonan ke layar kami dengan pengalaman konser langsung yang imersif. Musik tidak pernah berhenti, bahkan sedetik pun," lanjut PAPER.

Terkait "Psycho", PAPER mengulas bagaimana lagu itu menjadi karya terdinamis Red Velvet, dengan lapisan harmoninya, suara synthnya dan falsettonya.

"Dorongan dan tarikan antara sengit dan menyenangkan, berkilau dan penuh perasaan, adalah 'sweet spot' Red Velvet, dan 'Psycho' adalah perpaduan yang memikat antara pop up-tempo dan kepekaan R&B canggih dengan melodi trap yang ramah dan lebih cerah serta chorus yang menyapu," ulas PAPER.

PAPER juga mengulas bagian lagu yang seperti anthem yakni "hey now we'll be okay", yangmana meski lagu ini adalah tentang hubungan yang berantakan, namun ia "tidak menyerah pada kegelapannya."

"Melalui air mata gemerlap dan keraguan diri yang digambarkan dalam visual baroknya, tanpa berhenti berharap dalam jaminan buta bahwa, ya, semuanya pada akhirnya akan baik-baik saja," tulis PAPER.

"Psycho" adalah lagu utama dari album "The Reve Festival: Finale" yang rilis pada 23 Desember 2019. Berdasarkan keterangan SM Entertainment via siaran persnya (24/12), album itu berhasil memuncaki chart di 42 negara paska dirilis, seperti di Indonesia, AS, Kanada, Brazil, dan Swedia.

Dengan berhasil memuncaki chart album iTunes di AS, Red Velvet sekaligus menorehkan rekor sebagai girlgroup K-Pop pertama yang mampu meraih no.1 di chart itu dengan 3 album sekaligus dalam setahun.

Dalam siaran persnya, SM Entertainment mengatakan bahwa "Pyscho" adalah lagu pop urban up-tempo dengan hook yang adiktif.

Lagu ini digambarkan sebagai lagu cinta yang keren dan manis, yang menceritakan kisah sepasang kekasih yang mengakui bahwa satu sama lain mirip 'Psycho'.

Ini terlihat dalam lirik seperti "Kami berada dalam hubungan yang sangat aneh. Kami saling menghancurkan dan saling berpelukan. Kamu membuat saya merasa seperti psiko. Orang-orang terus memberi tahu kami. Saat kami bertengkar, seperti itu adalah yang terakhir. Tetapi kemudian kami rukun kembali. Mereka tidak mengerti. Lucu sekali."

 

Inilah 40 lagu K-Pop Terbaik 2020 Versi PAPER:

1. "Psycho" - Red Velvet

2. "Back Door" - Stray Kids

3. "Criminal" - Taemin

4. "Dumhdurum" - Apink

5. "Wannabe" - ITZY

6. "Daisy" - Pentagon

7. "Can't You See Me?" - Tomorrow X Together

8. "Nonstop" - Oh My Girl

9. "Black Swan" - BTS

10. "WAYO" - Bang Yedam

11. "I Can't Stop Me" - Twice

12. "Mago" - GFRIEND

13. "Answer" - ATEEZ

14. "Naughty" - Red Velvet - Irene & Seulgi

15. "From Home" - NCT U

16. "La Di Da" - Everglow

17. "Tag Me (@Me)" - Weeekly

18. "Daechwita" - Agust D

19. "How You Like That" - Blackpink

20. "Kick It" - NCT 127

21. "My My" - Seventeen

22. "Goblin (Favorite Boys)" - A.C.E

23. "So Bad" - StayC

24. "One (Lucid Dream)" - Golden Child

25. "Eight" - IU feat. SUGA

26. "Tiger Inside" - SuperM

27. "Maria" - Hwasa

28. "Oh My God" - (G)I-DLE

29. "Cassette" - Demian

30. "Pporappippam" - Sunmi

31. "Reveal" - The Boyz

32. "Scream" - Dreamcatcher

33. "Star" - LOONA

34. "Nostalgia" - DRIPPIN

35. "Candy" - Baekhyun

36. "Ice Age" - MCND

37. "Open Mind" - Wonho

38. "Cool" - Weki Meki

39. "Chocolate" - Max

40. "Black Mamba" - Aespa & "Boy" – Treasure. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com