Hard News

Tinjau Sarana Terdampak Banjir di Kalsel, Ini 3 Prioritas Jokowi

Sosial dan Politik

18 Januari 2021 20:33 WIB

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau sungai Martapura dari jembatan Pekauman yang berada di Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (18/01/2021). (Foto: Biro Pers Setpres/Lukas)

BANJAR, solotrust.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan lokasi terdampak bencana banjir di Kelurahan Pakauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (18/01/2021).

Di wilayah itu, Kepala Negara menyaksikan kondisi lokasi yang hingga kini masih terjebak banjir. Di sela peninjauan, presiden juga turut menyerahkan sejumlah bantuan sembako, makanan siap saji, dan masker ke beberapa warga di lokasi terdampak.



Pada kunjungan kerjanya kali ini, Jokowi mengatakan dirinya ingin memastikan kondisi di lapangan. Pertama, mengenai kerusakan infrastruktur yang memang terjadi.

"Ada beberapa jembatan yang runtuh, seperti yang kita lihat di belakang ini. Ini juga salah satu jembatan yang runtuh akibat banjir. Dan tadi saya sudah minta ke Menteri PU (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) agar dalam tiga hingga empat hari ini bisa diselesaikan, sehingga mobilitas distribusi barang tidak terganggu," ujarnya, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkba.go.id.

Kedua, lanjut presiden, hal yang berkaitan dengan evakuasi. Pihaknya melihat di lapangan sudah tertangani dengan baik.

Sementara yang ketiga, berkaitan dengan logistik untuk pengungsi. Hal ini menurut presiden sangat penting, pasalnya hampir 20 ribu masyarakat berada di lokasi pengungsian.

"Tiga hal tadi yang penting untuk kita lihat, sehingga kekurangan-kekurangan yang ada bisa dibantu dari pemerintah pusat, selain juga dari logistik yang ada di pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota," tandas Jokowi.

Pada kesempatan itu, presiden juga menyampaikan duka cita mendalam atas korban yang meninggal dalam musibah banjir di Kalimantan Selatan.

"Semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran dan keikhlasan," kata Jokowi.

(redaksi)