Rabu , 12 Mei 2021

Rihanna Dukung Aksi Protes Petani India

3 Februari 2021 17:35 WIB


Bintang pop AS Rihanna (Foto: BBC/Getty Images)

Solotrust.com - Pemerintah India menuding penyanyi Rihanna sebagai makhluk asing dan selebriti pencari sensasi, menyusul tweet bintang pop AS itu menyampaikan dukungan kepada aksi unjuk rasa petani setempat yang memicu perhatian dunia.

Beberapa jam setelah tweet Rihanna, remaja aktivis iklim Greta Thunberg dan keponakan wakil presiden AS Meena Harris juga mencuitkan dukungan serupa. Kicauan mereka yang dibagikan di media sosial Twitter menjadi viral hingga mendapatkan ribuan tanggapan.



Para petani di India menggelar aksi unjuk rasa di perbatasan Delhi atas disahkannya undang-undang pertanian yang baru.

Melansir BBC, Rabu (03/02/2021), dalam sebuah pernyataan pada Rabu, Kementerian Luar Negeri India mengatakan parlemen India telah mengeluarkan 'undang-undang reforma berkaitan dengan sektor pertanian' setelah melalui perdebatan dan diskusi panjang.

Pemerintah India telah menangguhkan layanan internet seluler di tiga wilayah di sekitar ibu kota, Delhi, tempat puluhan ribu petani berkemah untuk memprotes undang-undang baru tersebut. Pemerintah beralasan penangguhan itu untuk menjaga keamanan publik.

Protes para petani India menjadi berita utama internasional pekan lalu ketika aksi unjuk rasa menggunakan traktor berujung bentrok dengan aparat keamanan. Insiden itu menewaskan seorang pengunjuk rasa dan puluhan polisi terluka.

Beberapa demonstran juga menyerbu Benteng Merah Delhi yang bersejarah dan mendudukinya. Aksi ini pun berhasil dibubarkan pihak kepolisian.

Kelompok petani dan pemimpin serikat pekerja mengutuk kekerasan tersebut. Kendati demikian, mereka tetap bersikukuh tidak akan membatalkan protes.

Rihanna sendiri pada Selasa (02/02/2021) membuat sebuah postingan di akun Twitter-nya.

"Mengapa kita tidak membicarakan tentang hal ini?" tulis Rihanna kepada lebih dari 100 juta pengikutnya disertai tagar #FarmersProtest, sembari membagikan sebuah artikel dari CNN.

Tweet superstar pop itu pun membuat namanya menjadi trending topic Twitter di India. Postingannya, bahkan telah menarik dukungan masyarakat luas. (and)


(redaksi)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com