Selasa , 13 April 2021

Tak Mampu Beli Kuota Internet, Seorang Siswi Nyaris Putus Sekolah

22 Februari 2021 17:35 WIB


Screenshot rekaman video Ayu saat didatangi rombongan gurunya (Dok. TikTok evayanti 1801)

Solotrust.com - Pemberlakuan sistem pembelajaran secara online alias dalam jaringan (Daring) tak bisa dimungkiri menimbulkan banyak persoalan di lapangan. Salah satunya terkait kuota internet. Hal ini dialami seorang siswi yang videonya  diunggah akun TikTok evayanti 1801 beberapa waktu lalu.

Video memperlihatkan seorang siswi bernama Ayu mencoba untuk tidak bersekolah lagi atau mengundurkan diri lantaran tak mampu membeli kuota internet.



"Ketika murid tak pernah mengumpulkan tugas daring dan tak pernah muncul di dalam grup WA (WhatsApp) kelas, saya sebagai wali kelas melakukan home visit (kunjungan rumah-red) bersama guru BK, melihat keadaan murid itu," bunyi narasi dalam video.

Setelah sampai di rumah peserta didik yang dituju, pemilik akun yang juga guru Ayu mencoba memanggil siswinya, namun tak ada jawaban dari dalam rumah. Tak berselang lama, rombongan guru yang tengah berkunjung disambut orang tua sang murid. Diungkapkan, Ayu tak mau menemui gurunya karena malu.

Usai melakukan home visit, dua jam kemudian Ayu menghubungi pemilik akun menggunakan telepon seluler milik kakaknya. Ayu mengatakan dirinya sudah tak melanjutkan sekolah karena tidak mampu lagi membeli kuota internet. Di samping itu, siswi tersebut juga mengatakan dirinya sudah bekerja menggantikan ayahnya yang tak kuat lagi mencari nafkah.

Pemilik akun kemudian kembali mendatangi rumah Ayu, membujuknya agar mau bersekolah lagi, jangan sampai putus sekolah. Setelah beberapa saat dibujuk, Ayu pun menyetujuinya karena sekolah tidak memakan waktu setiap hari. Ia juga bisa tetap bekerja memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tak disebutkan lokasi Ayu tinggal dan sekolah tempatnya belajar menuntut ilmu. (dd)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com