Serba serbi

Centauri Honey, Madu Termahal di Dunia

Wisata & Kuliner

22 Maret 2021 15:57 WIB

Centauri Honey, madu termahal di dunia asal Turki (Sumber gambar: Guinness World Records)

Solotrust.com -Madu Centauri dari Turki memecahkan rekor Guinness untuk madu termahal di dunia pada 16 Februari 2021. Madu ini dijual dengan harga €10.000/kg atau sekitar Rp171.550.000/kg.

Berdasarkan keterangan Guinness, madu gua ini digali dari gua yang berada 2.500 meter di atas permukaan laut, jauh dari tempat tinggal manusia dan dari koloni lebah lainnya.



Nektarnya sangat berbeda dengan madu konvensional. Nektarnya berwarna gelap dan memiliki rasa pahit. Madu juga memiliki khasiat obat yang tinggi karena tinggi magnesium, kalium, fenol, flavonoid, dan antioksidan.

Centauri Honey mengikuti aturan khusus dalam hal merawat lebah untuk memastikan kualitas terbaik, yang sangat berbeda dengan metode konvensional. Hal ini membuat produksi madu menjadi lebih sulit, terutama karena lebah tinggal di dataran tinggi.

Berbeda dengan kebanyakan peternak lebah komersial lainnya yang memanen madu 2-3 kali setahun, Centauri Honey hanya dipanen setahun sekali. Ini untuk memastikan bahwa ada cukup madu untuk menopang lebah.

Hanya bahan kualitas terbaik yang dipanen, dengan sampel dikirim ke Dewan Ilmiah Turki/ Institut Makanan untuk memverifikasi nilai dan kualitas campuran.

"Madu asli tidak bisa dijual di pasar dan toko karena lebah tidak pernah bisa membuat berton-ton madu untuk konsumsi manusia secara alami. Ada yang bilang itu madu yang mahal, saya menyebutnya harta dunia," kata AhmetEren Cakir, pendiri Centauri Honey. (Lin)

(wd)