Ekonomi & Bisnis

KAI Tambah 21 Stasiun Layanan Pemeriksaan GeNose C19

Ekonomi & Bisnis

31 Maret 2021 16:31 WIB

Ilustrasi pemeriksaan GeNose C19 di stasiun kereta api.

YOGYAKARTA, solotrust.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI Persero) menambah 21 stasiun melayani pemeriksaan GeNose C19 mulai Selasa (30/03/2021) kemarin. Penambahan ini merupakan bagian dari Sinergi BUMN antara KAI dan Indofarma melalui anak usahanya Farmalab.

Mengutip dari VP Public Relations KAI Joni Martinus, Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, menjelaskan 21 stasiun itu meliputi Stasiun Banjar, Tasikmalaya, Jatibarang, Pekalongan, Cepu, Gombong, Kebumen, Sidareja, Kroya, Wates, Klaten, Purwosari, Blitar, Kediri, Tulungagung, Kertosono, Nganjuk, Lamongan, Mojokerto, Kalisetail, dan Probolinggo.



“Penambahan secara bertahap dari dua stasiun pada awal Februari hingga 44 stasiun pada akhir Maret ini merupakan komitmen KAI dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk memenuhi syarat bepergian dengan kereta api pada masa pandemi Covid-19," terangnya.

Dengan penambahan ini, total jumlah stasiun melayani pemeriksaan GeNose C19 menjadi 44 stasiun. Sebelumnya, terdapat 23 stasiun telah melayani pemeriksaan GeNose C19, yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Lempuyangan, Madiun, Jombang, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Sidoarjo, Jember, dan Ketapang.

Kata Supriyanto, kereta api menjadi moda paling awal menerapkan pemeriksaan GeNose C19. Tercatat hingga 28 Maret 2021, KAI telah melayani 345.668 peserta pemeriksaan GeNose C19 di stasiun.

"Masyarakat sangat antusias akan produk buatan Indonesia ini. Hal tersebut dikarenakan proses yang mudah, cepat, nyaman, dan harganya terjangkau hanya Rp30 ribu," ujarnya.

Adapun untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking kereta api (KA) jarak jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

“Hasil pemeriksaan GeNose C19 di 44 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA jarak jauh,” imbuhnya.

Supriyanto menambahkan, khusus bagi pelanggan hendak berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen dapat memesan layanan pemeriksaan GeNose C19 melalui aplikasi KAI Access. Caranya, saat pembelian tiket kereta api jarak jauh, pelanggan langsung menambahkan layanan pemeriksaan GeNose C19 pada aplikasi tersebut.

“Dengan semakin banyaknya stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini, diharapkan dapat mendukung kebutuhan masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah," jelasnya. (rum)

(end2021)