Hard News

BMKG Prediksi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah Indonesia

Nasional

22 April 2021 10:13 WIB

ilustrasi prakiraan cuaca. (Foto: BMKG)

JAKARTA, Solotrust.com - Pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), siklon tropis Surigae yang telah berkembang menjadi topan di kawasan Samudra Pasifik timur Filipina bergerak ke arah barat laut.

Pergerakan ini secara tidak langsung membentuk pertemuan angin yang memanjang dari Kalimantan bagian utara, Laut Sulawesi, perairan Maluku Utara, hingga Samudra Pasifik di utara Papua Barat.



Selain itu terbentuk pula daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Tengah hingga pesisir timur Kalimantan Utara.

Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di perairan barat Sumatra Utara yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari perairan Aceh hingga pesisir timur Sumatra Utara.

Dari data yang dikumpulkan Solotrust.com dari laman resmi BMKG, dampak dari kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir disejumlah daerah di pulau Sumatra seperti Aceh, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan dan Lampung.

Wilayah Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah juga berpotensi mengalami kondisi cuaca serupa.

Wilayah Indonesia Tengah dan Timur yang juga berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir meliputi Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua Barat.

Potensi hujan juga terjadi di wilayah Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.

BMKG juga memberikan peringatan dini daerah yang beresiko tinggi terjadi banjir dan banjir bandang akibat hujan lebat, meliputi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat dan Kalimantan Utara.

(zend)