Rabu , 12 Mei 2021

Sempat Pesimis, Okupansi Alamama Resto Terdongkrak Buka Puasa

5 Mei 2021 20:35 WIB


Alamama Resto saat bulan puasa 2021 (Dok. solotrust.com/rum)

SOLO, solotrust.com - Bulan puasa pelaku bisnis kuliner tentu sempat khawatir bisnis agak menurun karena masyarakat yang menjalankan ibadah puasa tidak makan atau jajan. Namun ternyata, Alamama Resto justru mengalami peningkatan okupansi selama Ramadan 2021 karena pelanggan berbuka puasa.

Manajer Marketing Alamama Resto, Abi Baskara mengutarakan, mulai April sudah mulai terjadi kenaikan pengunjung, bahkan di akhir pekan full book untuk buka puasa bersama. Jadi, masuk bulan puasa sudah mulai mengalami kenaikan.



"Awalnya pesimis karena puasa pasti tidak ada yang makan. Ternyata jamnya saja bergeser, ramainya menjelang waktu buka. Jadi selama Ramadan, meski awal pesimis, justru melebihi ekspektasi, okupansi sampai 95%," tuturnya.

Restoran di kawasan Jalan Gajahmada yang menyasar segmen keluarga ini baru buka pada Februari 2020. Dua pekan setelah buka terjadi pandemi Covid-19 dan  mengalami efek sangat luar biasa.

Menurutnya, selama pandemi kadang tak ada pesanan sama sekali atau hanya satu pesanan saja per hari. Akibatnya, pemilik resto terpaksa melakukan pengurangan karyawan untuk menekan biaya operasional. Kendati sejumlah restoran di Solo tutup, pemilik ingin bertahan sekuat mungkin sampai kondisi membaik.

"Di Bulan Maret-Mei benar-benar parah. Juni-Juli agak membaik karena ada kejelasan aturan dari pemerintah terkait prokes (protokol kesehatan). Customer (pelangan-red) merasa lebih safe dengan adanya prokes," terangnya.

Adapun soal trafik pelangan terasa mulai naik pada September 2020, meski masyarakat ada yang masih khawatir. Misalnya, komunitas ibu-ibu arisan yang minta ruangan terpisah dari pelanggan lain di meeting room. Pihaknya berusaha membuat pelangan merasa nyaman dan aman dengan prokes.

Kemudian terjadi peningkatan di akhir tahun didukung adanya promo Nataru. Pemberlakuan PSBB dan PPKM Mikro pada Januari-Februari 2021 menyebabkan penurunan pengunjung. Jika biasanya okupansi 80%, turun di kisaran 50% hingga 60% saja. Pada Maret belum kelihatan naik, okupansi hanya di kisaran 60%.

Mendongkrak penjualan, manajemen Alamama Resto mengadakan promo rutin dan tiap bulan ganti promo. Seperti menu Buy 1 Get 1 Free di hari tertentu, menu tanggal tua, dan menu istimewa. 

"Sejak opening sudah banyak promo. Lumayan rame, promo mendongkrak trafik," tutupnya. (rum)

(and_)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com