Hard News

Ganjar Minta Bupati & Walikota Siaga Kebocoran Pemudik

Nasional

10 Mei 2021 13:44 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan pengecekan di pos penyekatan Terminal Tegal, Minggu (9/5). (Foto: Kominfo Jateng)

TEGAL, solotrust.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Walikota dan Bupati yang ada dalam wilayah kepemimpinannya siaga. Ia mendapati masih banyak pemudik yang nekat pulang ke Jawa Tengah.

Hal tersebut di sampaikan Ganjar saat dirinya meninjau pintu penyekatan mudik di Terminal Tegal, Minggu (9/5).



“Ini ada 2 catatan ya catatan yang masuk di aplikasi Jogo Tonggo baru 6 – 8% yang melaporkan dan itu angkanya belum banyak baru 10 ribuan tapi kalau kita melihat (data) dari Dinas Perhubungan kurang lebih 630 ribuan, ini kalau kita melihat dengan asumsi dari angkutan-angkutan yang masuk,” katanya.

Berkaca pada pengalaman tahun lalu sekitar satu juta pemudik menuju wilayah Jawa Tengah, Ganjar meminta antisipasi petugas PPKM Skala Mikro untuk melakukan pengetesan warga.

“Kalau pengalaman tahun lalu kurang lebih sekitar sejutaan, maka saya sudah mempertimbangkan kira-kira yang akan masuk di Jawa Tengah ya segitu, maka kita minta agar nanti ada pengetesan-pengetesan di level paling bawah,” ujar Ganjar.

Sedangkan untuk masyarakat yang nekat mudik dan lolos penyekatan, Ganjar meminta petugas Jogo Tonggo, RT, RW dan Lurah secara proaktif melakukan pengecekan.

()