Pend & Budaya

Ada Penampakan Mesin Ketik Kuno Berhuruf Jawa di Museum Radya Pustaka

Pend & Budaya

2 Juni 2021 18:31 WIB

Mesin ketik berhuruf Jawa di Museum Radya Pustaka (Foto: Instagram @museumradyapustakasurakarta)

Solotrust.com - Sebelum adanya teknologi komputer sekarang, pada zaman dahulu orang menggunakan tinta dan mesin ketik untuk menyampaikan tulisan. Selain mesin ketik alfabet, pada zaman dahulu terdapat pula mesin ketik berbentuk cetakan huruf Jawa.

Mesin ketik berhuruf Jawa itu hingga kini masih tersimpan di Museum Radya Pustaka. Akun Instagram @museumradyapustakasurakarta mengunggah ulang foto mesin ketik kuno tersebut dari akun Instagram @budayainyong.



"Mesin ketik yang merupakan salah satu koleksi Museum Radya Pustaka ini merupakan peninggalan dari Gusti Hadiwijaya pada tahun 1926-1966," tulis akun @ museumradyapustakasurakarta, Senin (31/05/2021).

Menurut akun tersebut, mesin ketik berhuruf Jawa pada masa itu digunakan untuk menulis surat-surat resmi dari Paheman Radyapustaka. Adapun Gusti Hadiwijaya merupakan seorang kurator dan ahli sekaligus pemelihara benda-benda koleksi museum pada saat itu.

Mesin ketik berwarna hitam itu pun masih terlihat terawat dan tidak tampak berbeda jauh dengan mesin ketik berhuruf alfabet. (dd)


(and_)