Hard News

Indonesia Terima Bantuan Ventilator dan Tabung Oksigen dari Singapura

Nasional

09 Juli 2021 19:59 WIB

Bantuan ventilator dan oksigen dari Singapura tiba di Indonesia, Jumat (09/07/2021). (Foto: Humas Kemenkes)

JAKARTA, solotrust.com - Indonesia menerima bantuan dan dukungan dari pemerintah Singapura untuk mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19 setelah dalam beberapa waktu terakhir mengalami lonjakan kasus.

Bantuan berupa 200 ventilator, 256 tabung oksigen kosong ukuran 40 liter, serta 30 unit oxygen concentrator dari total 10 ribu unit pembelian mandiri dari pemerintah Indonesia yang dibawa menggunakan dua pesawat Singapore Air Force C130 telah tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (09/07/2021). Selanjutnya dilakukan serah terima perwakilan dari pemerintah Singapura kepada pemerintah Indonesia.
 
“Saya ingin menyampaikan apresiasi untuk kerja sama dan solidaritas dari pemerintah dan seluruh warga Singapura atas konsistensinya untuk membantu melawan Covid-19 di Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.
 
Hal itu, imbuhnya, sekaligus sebagai bukti hubungan kedua negara berjalan sangat baik. Setibanya di Indonesia, seluruh bantuan selanjutnya akan dikalibrasi dan dilakukan pengecekan fungsi di pusat fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) serta Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) untuk memastikan keselamatan dan keamanan alat-alat kesehatan.
 
Selain Singapura, Australia, dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) juga telah menyampaikan kesiapannya untuk membantu dan mendukung Indonesia dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Pemerintah Australia menyatakan akan memberikan sumbangan berupa seribu ventilator CPAP BAST, rencananya tiba di Indonesia malam ini.
 
Pemerintah RRT juga akan mengirimkan sejumlah peralatan medis, seperti seribu unit oxygen concentrator lima liter dan 500 unit oxygen concentrator sepuluh liter. Bantuan itu siap dikirim dari Shanghai ke Indonesia dalam waktu dekat.
 
Oscar Primadi pun mengapresiasi dukungan kerja sama diberikan sejumlah negara sahabat terhadap Indonesia. Hal itu dinilainya sangatlah penting untuk membangun solidaritas global dalam mempercepat penanggulangan pandemi di dunia.

(redaksi)