Pend & Budaya

Keraton Kasunanan Surakarta Gelar Beberapa Ritual Tradisi Selama Bulan Suro

Pend & Budaya

01 September 2021 18:31 WIB

Screenshot rekaman video utusan Keraton Kasunanan Surakarta menziarahi makam Susuhunan Amangkurat Agung di Tegalarum. (Dok. Instagram/@kraton_solo)

Solotrust.com - Masih dalam rangka menjalankan ritual tradisi pada Bulan Suro Tahun Alip 1955/2021, Keraton Kasunanan Surakarta melakukan beberapa kegiatan, di antaranya mengganti kain penutup atau dikenal dengan ganti langse Makam Amangkurat Agung di Tegalarum pada Minggu (29/08/2021). Acara dilanjutkan dengan caos sesaji kiblat papat di Gunung Merapi dilaksanakan di New Selo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah pada Senin (30/08/2021).

"Di dalam bulan Suro tahun ini selain melaksanakan ritual caos sesaji kiblat papat, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat juga melakukan ziarah ke makam leluhur," tulis akun Instagram @kraton_solo, Selasa (31/08/2021).



Salah satu yang disinggahi ialah makam Tegalarum. Di tempat ini dikebumikan Raja Mataram Islam Sunan Amangkurat Agung yang pernah memerintah pada 1646-1677.

Dalam video yang diunggah terlihat beberapa utusan Keraton Kasunanan Surakarta mengganti kain kelambu penutup Makam Amangkurat Agung.

"Tradisi ini memang rutin dilaksanakan setiap tahunnya di setiap Bulan Suro diawali dengan tahlil, zikir, dan mendoakan Susuhunan Hamangkurat Agung, kemudian dilanjutkan dengan mengganti kelambu makam," tulis akun Instagram @kraton_solo lebih lanjut.

Upacara tradisi itu dilakukan dengan tujuan berbakti kepada para leluhur yang telah mendahului. Selepas dari Tegalarum, rombongan pun melanjutkan perjalanan menuju New Selo guna melangsungkan ritual caos seaji kiblat papat pada keesokan harinya. (dd)


(and_)