Hard News

Heboh! Penampakan Bulus Raksasa dan Ikan Buas Gemparkan Warga Trucuk Klaten

Jateng & DIY

8 September 2021 14:24 WIB

Kura kura raksasa dan ikan buas jenis toman ditemukan warga Desa Sabrang Lor, Kecamatan Trucuk, Klaten di proyek pembangunan desa setempat

KLATEN, solotrust.com - Warga Desa Sabrang Lor, Kecamatan Trucuk, Klaten digemparkan penemuan dua ekor hewan berukuran besar, berupa kura kura dan ikan buas jenis toman di proyek pembangunan desa setempat.

Perangkat Desa Sabrang Lor Klaten, Suno Budi Raharjo mengatakan, dua hewan berukuran besar yang ditemukan saat pembangunan proyek perairan desa, yakni kura kura seberat 20 kilogram dan ikan dengan berat tujuh kilogram.



“Saat pembangunan proyek ditemukan terowongan bulus atau kura kura dengan berat 20 kilogram dan yang barusan adalah ikan jenis toman dengan berat tujuh kilogram. Kalau kura kura sudah mati, sedangkan ikan berukuran raksasa saat ini masih hidup dengan panjang 80 centimeter dan berat tujuh kilogram. Ikan dipelihara oleh warga setempat," bebernya kepada wartawan, Rabu (08/09/2021).

Temuan itu pun sontak menggegerkan warga setempat. Sejumlah warga yang penasaran melihat secara langsung di lokasi penemuan hewan berukuran jumbo tersebut.

"Ikan langka ini. Ikan ini biasanya di wilayah Provinsi Kalimantan sana. Ini ditemukan pada Senin lalu," ucap Suno Budi Raharjo.

Ikan toman berukuran cukup besar ditemukan warga saat mencari ikan di lokasi proyek.

"Kura kura atau bulus ini akan diawetkan dan menjadi ikon desa di lokasi temuan bulus dan ikan toman. Ya ikonnya nanti di lokasi ini, kebetulan di sini ditemukan sebuah terowongan, saluran air peninggalan zaman kolonial Belanda,“ jelas Suno Budi Raharjo. (jaka)

(and_)