Hard News

Terjatuh di Sungai dan Terseret Arus, Warga Trucuk Meninggal Dunia

Jateng & DIY

21 Januari 2022 15:07 WIB

Jenazah Titik Dwi Sumiati ditemukan mengapung lokasi DAM atau tanggul sungai di wilayah Kecamatan Camas, Klaten usai terjatuh dan terseret arus Sungai Kuning. (Foto: Dok. solotrust.com)

KLATEN, solotrust.com - Diduga terpeleset saat mengendarai kendaraan roda dua, seorang perempuan di Blodrorejo, Gaden, Trucuk, Klaten, terjatuh di Sungai Kuning desa setempat, Kamis (20/01/2022) sore sekira pukul 18.00 WIB.

Korban diketahui bernama Titik Dwi Sumiati berusia 53 tahun warga Blodrorejo, Gaden, Trucuk. Menurut keterangan warga setempat, Tugirin, korban meninggalkan rumah sekira pukul 17.20 WIB. Sedianya, korban yang mengendarai sepeda motor matic seorang diri ingin pergi ke warung.



“Kejadian itu sekitar jam 6-an dan korban keluar dari rumah jam 5 lebih. Ia mengendarai sepeda motor melintas di pinggir sungai. Memang jalan kecil atau sempit,” kata dia, saat ditemui solotrust.com, Jumat (21/1/2022) pagi.

Peristiwa itu diketahui warga setempat sekira empat jam kemudian setelah kejadian. Sementara untuk memastikan kejadian itu, warga langsung mendatangi lokasi kejadian di Sungai Kuning.

“Sekitar pukul 21.00 WIB malam, ada yang mengetahui kalau ada motor di sungai lampunya menyala. Warga tersebut langsung memanggil teman yang lainnya,” beber Tugirin.

Di tempat kejadian, warga hanya mendapati sepeda motor milik korban mengapung di sungai. Sementara korban disinyalir terseret arus sungai kuning.

“Arus airnya agak deras, jadi warga pada malam itu tidak berani mengevakuasi korban, namun dicari di lokasi kejadian memang tidak ada,” kata Tugirin. 

Mengingat sudah larut malam, pencarian korban dilakukan keesokan harinya atau pada Jumat (21/01/2022) pagi. Pencarian korban memerlukan waktu cukup lama, lantaran arus sungai begitu deras.

“Musim hujan, jadi airnya deras. Paginya, Tim SAR BPBD Klaten dibantu para relawan melakukan pencarian korban menyusuri bibir sungai,” ucap Tugirin.

Setelah empat jam pencarian, korban akhirnya ditemukan mengapung di lokasi DAM atau tanggul sungai di wilayah Kecamatan Camas, Klaten sekira empat kilometer dari tempat kejadian.

“Korban ditemukan tim SAR di wilayah Cawas, empat kilometer dari lokasi kejadian,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Trucuk, Iptu Sarwoko mengatakan, petugas sempat mendapat laporan dari warga terkait adanya kecelakaan air. Memastikan laporan itu, petugas langsung mendatangi lokasi kejadian.

“Benar ada kejadian laka air perempuan yang terseret arus Sungai Kuning. Diduga korban terpeleset saat mengendarai sepeda motornya yang melintas di pinggir sungai,” kata dia.

Atas kejadian itu, petugas kepolisian, tim SAR, dan sejumlah relawan serta warga melakukan pencarian.

“Korban sudah ditemukan dan sudah dilakukan visum oleh Dinas Kesehatan kemudian jenazah diserahkan ke pihak keluarganya untuk proses pemakaman,” pungkas Iptu Sarwoko. (jaka)

(and_)