Hard News

Aplikasi PeduliLindungi Akan Dikembangkan Tanpa Manggunakan Ponsel

Nasional

14 September 2021 16:23 WIB

ilustrasi penggunaan aplikasi PeduliLindung. (Foto: Dok. Solotrust.com/cahyarani)

JAKARTA, solotrust.com – Pemerintah akan mengembangkan aplikasi PeduliLindungi. Rencananya sistem PeduliLindungi yang baru akan dapat diakses tanpa harus menggunakan ponsel, untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan checkin dan ordering tiket.

PeduliLindungi sudah mulai banyak digunakan sebagai syarat masuk ke ruang publik, sebab dalam aplikasi buatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu terdapat layanan skrining dan tracing Covid-19.



“Sistem PeduliLindungi kita integrasikan dengan sistem check-in pesawat dan sistem ordering dari aplikasi Traveloka atau Tiket.com,” tutur Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunandi Sadikin dalam Rapat Bersama dan RDP dengan Komisi IX DPR RI pada Senin (13/09/2021).

“Aplikasi check-in pesawat akan dicek malalui sistem Pedulilindungi mengenai status vaksinasi dan lab PCR. Sehingga dengan demikian naratinjaunya akan langsung ketahuan di meja check-in tanpa membutuhkan handphone” lanjut Budi.

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi diharapkan tidak menjadi aplikasi yang bersifat Jakartasentris atau urbansentris, karena keberadaan virus sudah bukan hanya berada di wilayah tertentu melainkan sudah tersebar di manapun. 

Aplikasi PeduliLindungi telah diunduh lebih dari 39 juta pengguna. Dalam aplikasi tersebut terdapat informasi vaksinasi dan hasil test swab RT PCR maupun rapid antigen milik pengguna, sehingga mempermudah pelacakan Covid-19.(cahyarani)

()

Berita Terkait

Berita Lainnya