Serba serbi

Mengenal Microsleep dan Tanda-tandanya

Tips & Trik

06 November 2021 11:25 WIB

Ilustrasi (Foto: Pixabay/Skica911)

Solotrust.com - Kecelakaan dialami mendiang Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah baru-baru ini di jalan tol Jombang memberikan pelajaran berarti saat berkendara.

Tubagus Joddy, sopir mobil nahas ditumpangi Vanessa Angel dan keluarga mengaku kepada polisi dirinya capek dan mengantuk. Ada kemungkinan saat itu Tubagus Joddy terserang microsleep sehingga mobil yang dikemudikannya menabrak pembatas tol dan terpelanting.



Akun TikTok @dr.mariojohan belum lama ini membahas serangan microsleep yang sering terjadi pada pengendara sepeda motor maupun mobil.

"Microsleep adalah episode singkat dari tidur yang bisa berlangsung dari satu detik hingga 30 detik," bunyi narasi dalam video unggahan.

"Microsleep terjadi pada saat kantuk dan umumnya tanpa peringatan. Sangat nyenyak," lanjut keterangan yang ada.

Biasanya para penderita microsleep tidak menyadari jika dirinya tengah mengantuk dan tertidur beberapa saat, sehingga bisa membahayakan dirinya maupun orang lain.

"Microsleep bisa terjadi, bahkan pada saat mata terbuka," ulas dokter Mario Johan.

Adapun ciri-ciri microsleep, yakni saat tatapan mata kosong, menjatuhkan kepala dan tersentak, mata sering berkedip-kedip, tersentak tiba-tiba, dan tidak mampu mengingat menit terakhir.

Mario Johan pun mengingatkan, saat dirasa ada tanda-tanda microsleep sebaiknya para pengendara segera beristirahat.

"Segera menepi dan istirahat/tidur selama 20 menit karena apabila otak sudah capai kadang minum minuman berenergi atau kopi itu tidak berpengaruh," terangnya. (dd)

@dr.mariojohan

Ada yg kita bisa pelajari dari kejadian Alm. VA & BB. Turut berduka-cita semoga keluarga diberi ketabahan ##vanessaangel ##samasamabelajar ##tanyadrjoe
♬ Suspense, horror, piano and music box - takaya


(and_)