Pend & Budaya

Hari Guru Nasional, Siswa SMPN 2 Klaten Hias Tumpeng

Pend & Budaya

25 November 2021 19:31 WIB

Siswa SMPN 2 Klaten memeriahkan Hari Guru Nasional ke-72 dengan membuat aneka tumpeng

KLATEN, solotrust.com - Bertepatan Hari Guru Nasional ke-72 tahun ini, siswa SMPN 2 Klaten memeriahkan acara dengan membuat aneka tumpeng lengkap berikut menu lainnya.

Nasi goreng yang sudah dihias menjadi tumpeng dan diberi tulisan Hari Guru Nasional kemudian dinilai oleh panitia lomba.     



Eska, siswa kelas sembilan yang juga wakil ketua OSIS SMPN 2 Klaten mengaku senang dapat berpartisipasi memeriahkan Hari Guru Nasional tahun ini.

Ia mengatakan, kegiatan atau lomba membuat tumpeng seperti ini sangat bermanfaat karena dapat memotivasi anak untuk membuat sekaligus menghias menu aneka tumpeng.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan dan tahun berikutnya lebih menarik lagi,” katanya, saat ditemui solotrust.com di sela lomba, Kamis (25/11/2021).

Siswa lainnya dari kelas tujuh, Aska mengaku ikut lomba membuat nasi tumpeng dari nasi goreng. Pembuatan nasi tumpeng dikerjakan bersama delapan siswa lainnya.

“Satu kelompok ada delapan orang. Nasi tumpeng ini dari nasi goreng semua. Bahan-bahannya bawa dari rumah kemudian dikerjakan bersama-sama di sekolah,” kata dia.

Sementara itu, panitia Hari Guru Nasional SMPN 2 Klaten, Setiyo mengatakan, lomba ini dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional ke-72. Semua kelas dilibatkan dalam lomba dan dalam satu kelompok ada delapan orang. 

“Pesertanya semua kelas dari kelas 7, 8, dan kelas 9. Satu kelompok peserta ada delapan orang,” katanya kepada wartawan.

Penilaian dalam lomba berdasarkan tingkat kerumitan pembuatan tumpeng serta rasa menu yang dihasilkan para siswa.

“Dinilai tentang kerumitan dan rasa menu tersebut. Momen seperti ini dapat meningkatkan kreativitas anak,” kata Setiyo. (jaka)

(and_)