Hard News

Piramida dari Mesin Cuci Bekas di Inggris Beri Pesan Tentang Limbah Elektronik

Global

5 Januari 2022 15:25 WIB

Piramida dari limbah mesin cuci di Inggris mencetak rekor Guinness. (Foto: Dok. Guinness World Records)

Solotrust.com - Limbah mesin cuci di Inggris yang dibuat menjadi piramida mencetak rekor Guinness. Sebagaimana dikabarkan Guinness World Records dalam lamannya, rekor itu dibuat oleh pengecer elektronik Currys PC World di Inggris.

Currys telah melakukan penelitian yang mengungkapkan bahwa sekitar 68% orang Inggris bingung tentang dimana dan bagaimana membuang limbah teknologi mereka, meskipun dewan, layanan, dan pengecer lokal menawarkan layanan pengumpulan dan pengantaran gratis.



Perusahaan itu akhirnya membuat rekor pertama untuk piramida mesin cuci terbesar selama Pekan Daur Ulang Nasional pada September 2021. Untuk Currys, struktur tersebut menyoroti komitmen Hidup Baru Bukan Tempat Pembuangan Akhir, skema yang memberikan kehidupan baru pada elektronik lama melalui daur ulang, perbaikan, atau rehoming.

Limbah elektronik menjadi perhatian besar karena rata-rata orang dewasa membuang 3,3 ton selama masa hidup mereka, berkontribusi pada 1,45 juta ton masalah limbah elektronik tahunan yang dihasilkan oleh Inggris.

Dengan membuat rekor pertama ini, Currys ingin mengirim pesan kepada semua orang yang masih bingung tentang apa yang harus dilakukan dengan peralatan lama mereka.

Piramida itu disusun dari 1.496 mesin cuci daur ulang. Basis perseginya memiliki sisi berukuran 9,64 m dan terdiri dari 256 mesin cuci. Piramida itu setinggi 13,60 m  tanpa kabel atau struktur pendukung untuk membantu menjaga piramida tetap utuh.

Currys berkolaborasi dengan Ainscough Training Services, yang memberikan dukungan dan langkah-langkah keselamatan crane untuk berhasil mencapai rekor ini. Upaya itu dimulai dengan para pekerja yang menutup tempat parkir di Bury, Lancashire, dan menumpuk mesin cuci dengan ukuran berbeda di atas satu sama lain. Semua mesin cuci yang digunakan sebagai bagian dari instalasi akan didaur ulang.

Rekor tersebut merupakan gagasan dari manajer toko Currys Preston, Darren Kenworthy, yang meyakinkan majikannya untuk membuat instalasi tersebut.

"Mengingat limbah elektronik adalah penyumbang tempat pembuangan sampah di Inggris, saya pikir instalasi rekor dunia akan menyoroti betapa mudahnya mendaur ulang dengan Currys. Kami bermitra dengan Ainscough Training untuk mewujudkan gelar Guinness World Records. Saya sangat senang ada begitu banyak hal positif dan dukungan seputar pembangunan dari seluruh bisnis. Kelihatannya sangat mengesankan," kata Darren Kenworthy. (Lin)

(zend)