Hard News

Casio Buka Kesempatan Magang Pelajar SMK ke Thailand

Hard News

27 Februari 2018 09:43 WIB

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama perusahaan Casio mengadakan pertemuan membahas rencana investasi Casio di Indonesia (kemdikbud.go.id)

JAKARTA, solotrust.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama perusahaan Casio mengadakan pertemuan membahas rencana investasi Casio di Indonesia, awal pekan ini. Dalam kesempatan itu, turut ditawarkan pula kesempatan magang bagi pelajar SMK ke Thailand.

Mengenai rencana investasi di Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, menyampaikan pemerintah menyambut baik rencana itu. Indonesia sangat terbuka untuk investasi. Termasuk dijadikan sebagai pangkalan produksi, kaitannya dengan penyerapan tenaga kerja dan pemenuhan pasar dalam negeri.



“Sangat mungkin Casio membangun pabrik di Indonesia, paling tidak untuk memenuhi pasar di Indonesia, sehingga tidak perlu impor,” ujarnya, dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemdikbud.go.id, Selasa (27/02/2018).

Dalam hal pendidikan, Mendikbud mendorong agar Casio mendukung pengembangan sumber daya manusia melalui pengembangan sistem pembelajaran yang dapat diikuti secara daring.

Hal senada disampaikan Kepala BKPM, Thomas Lembong. Menurutnya, pelatihan secara daring adalah salah satu solusi untuk mencari sumber daya manusia yang tepat dengan kondisi Indonesia saat ini.

Sebagai langkah awal kerja sama, Casio akan membuka peluang bagi siswa-siswi SMK magang di pabrik Casio, Thailand. Pengalaman yang diberikan terkait pekerjaan perakitan dan akan dimulai pada Agustus 2018.

Siswa-siswi terpilih mengikuti magang nantinya dibiayai penuh Casio selama berada di Thailand. Setelah selesai, siswa akan dibekali sertifikat. Tak hanya tahun ini, program magang juga akan diselenggarakan pada 2019 mendatang.

(and)