Hard News

Adakan Open Mic Jumat Kumat Tour, Standupindo Solo Sukses Pecahkan Haluan Kopi

Jateng & DIY

29 Januari 2022 14:28 WIB

Jumat Kumat Tour, komika Standupindo Solo hibur penonton di Haluan Kopi, Pasar Kliwon, Solo. Jumat (28/1). (Dok. Solotrust.com/dks)

SOLO, solotrust.com - Para komika yang tergabung dalam komunitas Standupindo Solo berhasil membuat tawa penonton pecah, saat tampil di acara open mic  Jumat Kumat Tour yang diadakan komunitas Standupindo Solo bekerjasama dengan pihak kafe di Haluan Kopi, Pasar Kliwon, Solo, Jumat (28/1).

Jumat Kumat Tour merupakan acara rutin sebulan sekali di Jumat akhir bulan, yang diadakan komunitas Standupindo Solo dengan berkeliling ke beberapa kafe di Kota Solo dan sekitarnya.



Pada acara itu, komika yang tampil antara lain: Kiko Mar’uf , Rohmad, Itok, Pandu, Bryan Barcelona, Musthofa, Laurensius Rizki, Fat Indra, dan Arum Mudub, diadu untuk mendapatkan hadiah berupa uang hasil donasi dan saweran dari penonton. Pemenang ditentukan dari tepuk tangan penonton paling banyak.

Ketua Standupindo Solo, Faldo Alfian menuturkan konsep Jumat Kumat Tour edisi bulan ini ialah yang pertama kali. Serta merupakan pengabungan dari kompetisi bulanan Standupindo Solo Last Friday Laugh yang terakhir diadakan pada 2020 lalu, dengan Jumat Kumat Tour yang dulu diadakan tanpa sistem kompetisi sejak 2021.

“Ya, ini pertama kalinya Jumat Kumat Tour diadakan dengan sistem seperti Last Friday Laugh dulu,” ujar Faldo.

Adapun ketentuan khusus sebagai tantangan komika di Jumat Kumat Tour, Faldo mengatakan para komika tersebut harus tampil dengan materi baru.

“Untuk materiJumat Kumat Tour, 60 persen materi baru, 40 persen materi lama,” ujar Faldo.

Pada Jumat Kumat Tour, Standupindo Solo hanya menghadirkan komika dari komunitas.  Tidak seperti acara Jumat Kumat yang rutin diadakan seminggu sekali di Cekopi, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo; di mana masyarakat umum dan awam juga dapat mendaftar untuk mencoba open mic.

Faldo Alfian mengatakan, ke depan konsep acara seperti bulan ini bakal diadakan lagi. Pada Februari dan Maret mendatang, pihak Standupindo Solo sudah meneken kerjasama bersama Persis Café dan SORE Burgerbar.

Untuk bulan-bulan selanjutnya, kata Faldo, pihaknya sudah mendapat beberapa tawaran dari kafe-kafe lain dan tinggal menunggu kesepakatan.

“Proposal sudah ada, tapi masih dibicarakan,” kata Faldo.

Owner Haluan Kopi, Dwikky sebagai pihak yang bekerja sama pada bulan ini mengatakan acara tersebut cukup berhasil menarik atensi dan meningkatkan penjualan.  Pihaknya juga membuka kemungkinan jika ada kerja sama lagi.

“Malam ini saya juga sambil evaluasi; karena ini baru pertama kali kami bekerja sama dengan komunitas stand-up (Standupindo Solo) dan sebelumnya pun kita belum mengadakan event stand up comedy di sini. Alhamdulillah kalau saya pantau lumayan (peningkatan penjualan), mungkin lima puluh persen. Jadinya next kalau ada kerjasama lagi saya sih sangat senang,” terang Dwikky.

Acara berlangsung meriah hingga akhir acara tengah malam. Sementara itu, Laurensius Rizki mendapat tepuk tangan paling banyak, serta berhak mendapat hadiah dan dinobatkan sebagai komika terlucu bulan Januari. (dks)

(zend)