Serba serbi

TikTok Tambah Durasi Maksimal Video Jadi 10 Menit

Teknologi

1 Maret 2022 17:00 WIB

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Solotrust.com - TikTok kembali meningkatkan durasi maksimal video yang dapat diunggah pengguna ke platformnya menjadi 10 menit.

"Tahun lalu, kami memperkenalkan video yang lebih panjang, memberi komunitas kami lebih banyak waktu untuk membuat dan terhibur di TikTok. Hari ini, kami bersemangat untuk mulai meluncurkan kemampuan untuk mengupload video berdurasi hingga 10 menit, yang kami harap akan membuka lebih banyak kemungkinan kreatif bagi pembuat konten kami di seluruh dunia," kata perwakilan TikTok dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dilansir Variety, Selasa (1/3).



Platform milik konglomerat internet Cina ByteDance itu melakukan pergerakan tersebut karena pesaingnya seperti YouTube, Facebook, dan Instagram telah secara agresif membangun fitur video pendek seperti TikTok di platform mereka sendiri. YouTube kini memiliki YouTube Shorts dan Facebook serta Instagram memiliki Reels.

Perubahan tersebut dengan jelas menunjukkan bahwa perusahaan ingin memberikan fasilitas lebih agar para pemirsa tetap berada di aplikasi itu untuk jangka waktu yang lebih lama.

Sebelumnya, TikTok telah menaikkan durasi video maksimal menjadi tiga menit pada Juli 2021, naik dari 60 detik sebelumnya.

Salah satu alasan TikTok menjadi sangat populer, dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan saat ini, adalah karena TikTok menyediakan umpan video pendek menghibur yang dibuat secara otomatis dengan durasi kurang dari satu menit, yang disesuaikan secara algoritme dengan minat pengguna. (Lin)

(zend)