Hard News

3 Kali Roboh, Rumah Sutrisno Dapat Bantuan Rp20 Juta dari Bupati Sukoharjo

Jateng & DIY

10 Maret 2022 11:08 WIB

Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyerahkan bantuan uang tunai Rp20 juta dari Baznas Sukoharjo untuk perbaikan rumah warga tidak mampu, Rabu (9/3). (Foto: Dok. Solotrust.com/nas)

SUKOHARJO, solotrust.com - Senyum sumringah terlihat dari wajah Sutrisno dan keluarganya saat melihat kedatangan orang nomor satu di kabupaten Sukoharjo, Etik Suryani.

Selain ingin mengetahui langsung kondisi keluarga Sutrisno, Bupati juga menyerahkan bantuan RTLH berupa uang tunai Rp20 juta. Bantuan tersebut berasal dari Baznas Sukoharjo untuk membantu memperbaiki rumah Sutrisno yang sudah tiga kali hampir roboh.



Hingga saat ini Sutrisno bersama istri dan kedua anaknya masih menempati rumahnya di dukuh Tengklik RT 01 RW 03, Desa Polokarto, Kecamatan Polokarto.

Sutrisno menuturkan, jika musim hujan ia bersama istri dan kedua anaknya selalu khawatir dengan kondisi rumahnya. Rumah yang sudah empat tahun lebih ia tempati basah karena atap yang bocor di berbagai titik.

Bahkan pada tahun 2019, karena kerusakan yang parah, rumah Sutrisno sempat ambruk. Perbaikan pun dilakukan seadanya mengingat kondisi ekonomi yang serba pas pas. Namun rumah tersebut kembali roboh pada tahun 2020.

"Rumah ini sudah tiga kali ambruk mas, pertama tahun 2009, kedua tahun 2020 dan terakhir tahun 2021 kemarin,” ujar Sutrisno,.

Bagi Sutrisno bantuan yang diserahkan Bupati ini sangat berarti, terlebih dengan pekerjaanya sebagai buruh dengan kondisi saat ini dirasakan berat untuk bisa membuat rumah layak dan nyaman.

"Karena kondisi rumah yang sudah rusak parah saya pinjam uang 12 juta, tapi itu belum cukup sehingga adanya bantuan ini ya sangat membantu sekali"ucapnya.

Selain Sutrisno, di hari yang sama bupati juga menyerahkan bantuan RTLH di Kecamatan Nguter. Penerima bantuan adalah Ahmad Jarohasan warga Kampung Dukuh RT 02/ RW 05, Gupit. Rumah Ahmad roboh pada 5 Maret 2022 lalu.

Lokasi terkahir, Bupati mendatangi Kampung Godekan RT 02/RW 15, Wirun, Mojolaban untuk menyerahkan bantuan yang sama kepada Yohana Lestari.

“Hari ini ada empat penerima bantuan rehab RTLH dimana setiap rumah menerima bantuan Rp20 juta,” kata Etik, Rabu (9/3).

Disampaikan Etik, dengan bantuan ini diharapkan bisa meringankan warga untuk mendapatkan rumah hunian yang lebih layak. Sedangkan total bantuan yang diberikan untuk warga di tiga kecamatan ini sebesar Rp. 80 juta rupiah.

Camat Polokarto Heri Mulyadi mengapresiasi bantuan yang diserahkan bupati. Bantuan tersebut tentu sangat berarti sekali terlebih dalam kondisi pandemi saat ini.

"Selain bantuan dari pemkab,  kami juga berupaya memberikan bantuan kepada warga melalui kegiatan sosial jumat berkah yang sudah kami lakukan rutin seminggu sekali, " imbuhnya.(nas)

(zend)