Ekonomi & Bisnis

Jelang Ramadan, Penjualan Busana Muslim dan Mukena Meningkat

Ekonomi & Bisnis

22 Maret 2022 07:31 WIB

Suasana di salah satu toko pakaian di Kota Solo. Menjelang Ramadan, permintaan busana muslim mulai mengalami peningkatan. (Foto: Dok. solotrust.com/putri)

SOLO, solotrust.com – Menjelang datangnya bulan suci Ramadan biasanya ada banyak hal dipersiapkan umat Muslim, di antaranya perlengkapan ibadah seperti baju dan mukena. Alhasil, penjualan kedua produk pakaian itu mengalami peningkatan dari bulan-bulan sebelumnya.

Tak bisa dimungkiri, Ramadan dan Lebaran memang menjadi momentum bagi para pedagang busana muslim untuk menangguk untung. Karenanya, mereka pun selalu menyiapkan stok lebih banyak dari biasanya guna menghadapi meningkatnya permintaan.



Sebagaimana diutarakan salah seorang pemilik toko pakaian, Putri, menjelang Ramadan dirinya mulai mempersiapkan kebutuhan konsumen. Dalam memenuhi keinginan pasar, ia mengaku lebih banyak menyiapkan baju gamis dan baju koko, terutama untuk anak-anak.

“Baju muslim yang paling banyak diminati saat Bulan Ramadan itu seperti gamis dan baju koko. Kalau buat baju anak ya lebih banyak baju koko,” ungkapnya.


Hal yang sama juga terjadi pada produksi mukena. Menjelang Ramadan, mukena menjadi salah satu perlengkapan ibadah paling banyak dicari sehingga produksinya pun ikut meningkat.

Seperti terlihat di salah satu konveksi mukena milik Budi. Jika sebelumnya hanya memproduksi 500 potong mukena, menjelang Ramadan seperti sekarang angka produksinya bisa naik seratus persen atau mencapai 1000 potong.

“Perbedaan peningkatan dari hari biasa dan menjelang Ramadan, kalau hari biasa paling 500 pcs (potong-red), tapi kalau menjelang Bulan Ramadan gini bisa sampai 1000 pcs,” beber Budi. (putri/diva/lulu)

(and_)