Hard News

Diprediksi Hari Ini Puncak Arus Mudik, 63.600 Kendaraan Diperkirakan Melintasi Gerbang Tol Solo-Ngawi

Jateng & DIY

29 April 2022 16:58 WIB

Pintu Tol Ngemplak, menjadi salah satu gerbang Tol Solo-Ngawi yang menunjukan peningkatan volume kendaraan. (Foto: Dok. Solotrust.com/dks)

BOYOLALI, solotrust.com - Jasamarga Tol Solo-Ngawi memperkirakan puncak arus mudik terjadi per-hari ini, Jumat (29/4). Diperkirakan 63.600 kendaraan akan melintas di 8 gerbang Tol Solo-Ngawi.

Manajer Operasional Jasamarga Tol Solo-Ngawi, Budi Hermawan mengatakan, perkiraan sebanyak 63.600 kendaraan itu dipengaruhi dengan penetapan hari libur bersama Jumat (29/4) ini.



"Karena hari ini 29 April pemerintah sudah menetapkan libur bersama, di mana aktivitas perkantoran baik swasta maupun instansi pemerintah sudah mulai off. Kemungkinan hari ini terjadi lonjakan dibanding kemarin," katanya kepada Solotrust.com Jumat (29/4) siang.

Dari pantauan solotrust.com, pemudik mulai berdatangan di pintu-pintu Tol Solo-Ngawi dan didominasi kendaraan pribadi. Sementara, dari data Jasamarga Tol Solo-Ngawi, gerbang-gerbang Tol Solo-Ngawi juga terus menunjukan kenaikan kendaraaan tipe 1 dan penurunan kendaraan tipe non 1.

Lonjakan tertinggi terjadi di Gerbang Tol Colomadu, di mana tercatat sebanyak 11.828 kendaraan tipe 1 dan 625 kendaraan tipe non 1 melintas di pintu exit tol tersebut. Angka ini naik dibanding sehari sebelumnya pada Rabu (27/4) sebanyak 8.853 kendaraan tipe 1 dan 849 kendaraan tipe non 1 melintas di pintu exit Gerbang Tol Colomadu.

Kenaikan juga terjadi di pintu entrance atau masuk sebanyak 6.972 kendaraan tipe 1 dan 573 kendaraan tipe non 1. Naik dibanding sehari sbelumnya sebanyak 5.990 kendaraan tipe 1 dan 882 kendaraan tipe non 1 yang masuk di pintu tersebut.

Angka ini di atas rata-rata hariaan Gerbang Tol Colomadu sebanyak 7 ribuan kendaraan. Selain Gerbang Tol Colomadu, dua gerbang tol lain yakni Ngemplak dan Karanganyar juga menunjukan peningkatan volume kendaraan.

"Titik-titik consent mungkin di gerbang tol Colomadu, Ngemplak, dan Karanganyar. Gerbang itu dari 8 gerbang yang ada di Tol Solo-Ngawi di atas rata-rata saat periode Lebaran ini," lanjutnya.

Sementara itu, Jasamarga Tol Solo-Ngawi juga menyiagakan pintu tol tambahan untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan. Sejauh ini, belum ada penambahan pintu tol masuk dan keluar.

Gerbang Tol Colomadu yang menjadi titik teramai masih mengoperasikan 3 pintu masuk dan 3 pintu keluar, dari 5 pintu masuk dan 6 pintu keluar total keseluruhan jika difungsikan.

"Itu kondisional, gardu itu ada, dioperasikan bila terjadi libur panjang maupun libur weekend. Dibuka bila ada lonjakan libur panjang," tukasnya. (dks)

(zend)