Entertainment

Jiho Keluar dari Oh My Girl

Selebritis

13 Mei 2022 16:31 WIB

Jiho dan surat yang ditulisnya terkait keluarnya dia dari Oh My Girl (Sumber: Instagram/jihoa_f)

Solotrust.com - Jiho memutuskan keluar dari grupnya Oh My Girl. Dalam keterangan yang diunggah WM Entertainment, Senin (9/6), Jiho memutuskan tidak memperpanjang kontrak dengan agensinya itu.

Agensi itu mengatakan telah memperbarui kontrak eksklusif dengan enam anggota lain yakni Hyojung, Mimi, YooA, Seunghee, Arin dan Yubin (sebelumnya dikenal sebagai Binnie).



"Kami akan menghormati keputusan Jiho untuk menuju mimpi barunya setelah berakhirnya percakapan mendalam yang panjang dengan para anggota, tentu saja, juga dengan agensi," kata WM.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Jiho yang telah bersama kami selama tujuh tahun, dan kami akan dengan tulus mendukung Jiho dalam kegiatannya di masa depan. Keenam anggota akan terus berpromosi bersama sebagai Oh My Girl," tambah agensi itu.

Jiho pun secara pribadi memposting surat dengan tulisan tangan di fancafe grup terkait keputusannya ini kepada Miracle (nama fandom Oh My Girl).

"Ini Jiho. Saya menulis surat ini karena ada berita yang harus saya bagikan dengan Miracle. Saya berbicara berkali-kali dengan agensi kami tentang masa depan dan kami menyimpulkan bahwa ke depan, kami akan saling mendukung jalan satu sama lain. Di masa depan, saya akan mendukung promosi Oh My Girl sebagai anggota Miracle dan bukan sebagai anggota Oh My Girl," tulisnya di awal.

"Selama tujuh tahun terakhir, banyak percakapan yang kami bagikan, momen kami bertemu setiap hari Senin, cinta yang diberikan Miracle kepada kami, dan dukungan Anda adalah hal-hal yang benar-benar tidak akan saya lupakan. Saya benar-benar ingin mengucapkan terima kasih kepada Miracle karena telah menciptakan momen seperti keajaiban dalam hidup saya. Berkat kalian semua, saya bisa tumbuh dan bahagia selama tujuh tahun terakhir," lanjut Jiho.

Jiho kemudian mengatakan bahwa dia akan menjadi Miracle yang keren di masa depan.

"Meskipun saya buruk dalam mengekspresikan diri, setiap kali saya mengekspresikan diri, saya belajar banyak dari Miracle yang menunjukkan lebih banyak cinta kepada saya. Sebanyak yang saya pelajari dari Miracle, saya juga akan menjadi Miracle yang keren," kata Jiho.

Meskipun saat ini Jiho mengatakan belum dapat membagikan detail tentang apa yang akan dilakukannya di masa depan, dia mengatakan akan bekerja keras apapun itu.

"Saya akan menjanjikan satu hal kepada Anda. Tidak peduli apa yang saya lakukan di masa depan, saya akan bekerja keras dan membayar Anda dengan citra yang baik. Mari kita dukung Oh My Girl bersama-sama di masa depan!," tutup Jiho.

Pada 20 April lalu, ketika Oh My Girl genap berusia 7 tahun, berita tentang perpanjangan kontrak belum muncul ke publik, sehingga menimbulkan spekualasi di kalangan penggemar.

Oktober tahun lalu, RBW yang mengakuisis WM, mengungkap laporan bahwa Arin, Hyojung, Seunghee, Yubin, dan YooA memperpanjang kontrak sampe April 2025. Pada bulan November, mereka mengatakan hanya akan ada 6 anggota yang melanjutkan kontrak.

Jiho sendiri pernah menjalani hiatus karena masalah kesehatan. Januari 2020 dia hiatus karena gangguan kecemasan. Sejak pertengahan 2019 dia sering sakit dan merasa cemas, sehingga terus menerima pelayanan kesehatan. Meski begitu, Jiho tetap ikut serta dalam comeback "Nonstop" pada April 2020. Setelah itu dia mengalami cedera kaki dan absen lagi dari aktivitas.

"Jiho telah menerima perawatan di rumah sakit sejak paruh kedua tahun 2019 karena sering memburuknya kesehatan dan gejala kecemasan. Baru-baru ini, gejala kecemasan itu telah memburuk, dan kami memutuskan bahwa akan sulit baginya untuk melakukan kegiatannya sebagai bagian dari Oh My Girl seperti biasa," terang WM kala itu.

Oh My Girl termasuk girlgroup K-Pop yang berperingkat tinggi di chart domestik Korea, dengan hit seperti "Dolphin", "Nonstop" dan "Dun Dun Dance". Grup ini merilis album studio keduanya "Real Love" pada bulan Maret lalu dan merayakan ulang tahun debut ketujuh mereka pada tanggal 30 April.

Meski kini meraih popularitas yang tinggi, Oh My Girl pernah mengalami masa-masa yang sangat sulit hingga terancam bubar. Hal ini pernah diungkapkan Seunghee dan Yubin dalam wawancaranya dengan majalah Marie Claire.

Keduanya mengatakan jika album "Secret Garden" yang rilis 2018 lalu tidak sukses, itu akan menjadi akhir dari grup mereka. Meski debut pada tahun 2015, grup itu baru memenangkan posisi pertama di acara musik Korsel pada tahun 2018, yakni pada masa "Secret Garden".

Seunghee juga mengatakan bahwa keikutsertaan mereka di program "Queendom" menjadi titik balik karir mereka.

"Jika kami tidak tampil di acara itu, kami tidak akan bisa menunjukkan musik atau bakat kami kepada orang-orang. Kami telah mencoba berbagai konsep di masa lalu, tetapi kami tidak memiliki panggung yang besar untuk menampilkannya. Melalui panggung 'Queendom', kami dapat dengan percaya diri menunjukkan apa yang dapat kami lakukan," kata Seunghee.

"Saya merasa kami telah bertahan dengan sangat baik. Bahkan ketika saya berkata pada diri sendiri, 'Orang yang bertahan akan menang,' ada saat-saat ketika saya bertanya-tanya, 'Berapa lama?' Tapi daya tahan kami akhirnya diakui," kata vokalis utama Oh My Girl itu. (Lin)

(wd)