Olahraga

Misi Rasiman Hadapi Ketangguhan Madura United di Laga Debut bersama Persis Solo

Sepak Bola Indonesia

23 Agustus 2022 14:02 WIB

Rasiman, pelatih yang ditunjuk mengisi kursi kosong Jacksen F Tiago di Persis Solo. (Foto: Instagram.com/@persisofficial.

SOLO, solotrust.com - Caretaker Persis Solo yang ditunjuk mengisi kursi kosong pelatih Jacksen F Tiago, Rasiman bakal menghadapi ujian berat di laga perdana kontra Madura United dalam lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Manahan, Selasa (23/8) malam.

Diakui pelatih yang sebelumnya menukangi Persis Youth itu, menghadapi Madura butuh kejelian strategi. Terlebih, Tim Sape Kerab yang kini ditukangi Fabio Lefundes itu kini tampil konsisten dengan torehan 13 poin dari 5 laga, dan bertengger di pucuk klasemen sementara.



"Madura tim yang sekarang memang perlu kita waspadai, perlu persiapan yang detail untuk memperhatikan mereka," kata Rasiman, sehari jelang laga Senin (22/8) kemarin.

Rasiman akan mewaspadai ketahanan Persis mengantisipasi eksploitasi Madura. Sementara, Laskar Sambernyawa memiliki bekal positif jelang lawan Madura.

Di mana, tim kebanggaan Wong Solo itu kini tengah menapakan kaki ke jalan positif setelah memperoleh kemenangan pertama di laga tandang kontra Bhayangkara FC di pekan lalu.

Rasiman menyebut, tim yang berhasil membekuk Bhayangkara akan menjadi pondasi untuk lawan Madura nanti.

"Kita sama-sama tahu, tim kemarin lawan Bhayangkara cukup solid, saya akan menggunakan itu sebagai pondasi," ujarnya.

Demikian, ia mesti melakukan seleksi starting eleven untuk melawan Madura. Selain aspek kesiapan, aspek kebutuhan tim lawan Madura juga menjadi perhatiannya.

"Yang terakhir, Bhayangkara is different than Madura, sehingga dalam player selection saya akan melihat beberapa aspek," ucapnya.

Dalam menghadapi Madura nanti, Rasiman hanya memiliki waktu mepet mempersiapkan tim usia Jacksen mengundurkan diri setelah lawan Bhayangkara, Jumat (19/8) lalu.

Demikian, ia mengaku mendapat suntikan moral jelang laga berat itu. Ia bahkan diberi dorongan dari eks pelatih Jacksen F Tiago yang rela menyambangi Rasiman.

"Itu merupakan dukungan moral yang paling tinggi buat saya selain dari sisi klub, selama ini saya di Persis tidak mendapat kendala apapun dari segi pekerjaan," katanya.

Sementara itu, bek Persis Fabiano Beltrame mengungkapkan tak ada kendala dalam mempersiapkan tim. Terlebih, meski Rasiman baru menukangi Persis, namun sejatinya Rasiman sudah familier di tim Persis lantaran menukangi tim Youth.

"Saya persiapan enggak ada masalah, karena coach sudah lama, di Youth, meskipun di Youth dia tahu semua pemain dan kita sering uji coba, dan saya pikir pemain lain," katanya.

Diakui Fabiano, Madura bukan lawan mudah. Tim yang identik dengan jersey loreng merah-putih itu kini tengah dalam tren positif.

Pemain yang masuk dalam Best XI Liga 1 pekan 5 itu berkomitmen akan bermain maksimal demi memberi senyuman ke publik Manahan.

"Kita harus maksimal dan jaga diri untuk hermain maksimal dan kasih yang terbaik," tukasnya. (dks)

(zend)