Hard News

Putri Arab Saudi Kunjungi SM Entertainment, Bahas Kerjasama Industri Musik

Global

24 September 2022 14:30 WIB

Putri Arab Saudi Haifa binti Mohammed Al-Saud mengunjungi kantor pusat SM Entertainment untuk membahas berbagai kerjasama terkait industri musik. (Foto: dok. SM Entertainment)

Solotrust.com - Putri Arab Saudi Haifa binti Mohammed Al-Saud mengunjungi kantor pusat SM Entertainment di Korea Selatan untuk membahas berbagai kerjasama terkait industri musik, seperti mengadakan konser.

Putri Haifa kini menjabat sebagai wakil presiden dari kementerian pariwisata Arab Saudi.



Pertemuan tersebut adalah tindak lanjut dari permintaan kementerian pariwisata Arab Saudi pada Maret 2022, ketika pendiri SM Lee Soo Man mengunjungi Riyadh untuk membantu industri musik negara timur tengah itu.

SM dalam siaran persnya pada tanggal 23 September mengatakan bahwa putri Haifa mengunjungi kantornya dengan pejabat pariwisata lainnya dan membahas penyelenggaraan "SM Town Live", sebuah konser SM yang menampilkan artis-artis SM.

Tak hanya itu, mereka juga membahas mengenai produksi konten video dan acara festival melalui kolaborasi dengan perusahaan produksi Arab Saudi.

Pembahasan lain mencakup rencana mendirikan tempat yang dapat mengadakan festival musik sepanjang tahun di sepanjang pantai Laut Merah, bagaimana memelihara seniman lokal, membangun platform metaverse untuk berbagi budaya Korea dan Saudi, serta memproduksi dan menjual produk menggunakan Intellectual Property (IP).

April lalu, founder SM Entertainment, Lee Soo Man, bertemu dengan pejabat dari pemerintah Arab Saudi untuk membahas cara membangun metaverse dan kota hiburan yang bisa dinikmati anak muda di Arab Saudi.

Saat mengunjungi Riyadh, Lee Soo Man bertemu dengan pejabat penting Arab Saudi termasuk Putri Haifa. Saat itu Putri Haifa mengatakan dia mengetahui tentang CT (Cultural Technology) dari Lee Soo Man.

"Kami ingin produser Lee Soo Man menciptakan ekosistem musik dimana 70 persen populasi Arab Saudi berusia di bawah 30 tahun dan mereka dapat menikmati dan berbagi," kata Putri Haifa kala itu.

"Sangat penting untuk merintis dan memimpin. Menjadi yang pertama menunjukkan konser online untuk penggemar di seluruh dunia sebelum yang lain mencoba, dan selalu memimpin tren, saya pikir Arab Saudi harus belajar dan meniru. Saya menantikan kolaborasi dan ingin belajar lebih banyak tentang CT," tambah Haifa.

Pada 2019, Super Junior, salah satu artis SM, menjadi grup K-pop pertama yang menggelar konser solo di Arab Saudi.

Arab Saudi sendiri saat ini mencoba untuk mendiversifikasi ekonominya dengan meningkatkan sektor layanan publik termasuk kesehatan, pendidikan dan pariwisata, daripada hanya mengandalkan bisnis minyak.

Pertunjukan musik live pertama kali diselenggarakan di Arab Saudi tahun 2017, saat negara itu mempromosikan proyek Vision 2030 untuk mencapai diversifikasi ekonomi, modernisasi, dan internasionalisasi. (Lin)

(zend)