Serba serbi

Sepeda Motor Listrik Siap Beroperasi di Kota Semarang

Teknologi

26 September 2022 11:01 WIB

Sejumlah warga menjajal sepeda motor listrik di halaman Balai Kota Semarang, Sabtu (24/09/2022). (Foto: Dok. solotrust.com/fajar)

SEMARANG, solotrust.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menandatangani kerja sama dengan PT Beam Indonesia sebagai pemilik dan penyedia jasa sewa sepeda motor listrik. Kolaborasi ini bertujuan memperbaiki kualitas lingkungan di Kota Semarang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminuddin, menyebut kerja sama ini merupakan langkah maju sebagai salah satu solusi mengurangi emisi udara di Kota Lumpia.



"Solusi untuk memperbaiki lingkungan kita agar suhu dan lain sebagainya bisa kita turunkan. Mudah-mudahan dengan penandatanganan MoU ini akan lebih memperkaya lagi tentang langkah-langkah solusi tranportasi di Kota Semarang," kata Iswar Aminuddin, usai menjajal sepeda listrik di halaman Balai Kota Semarang, Sabtu (24/09/2022).

Lebih lanjut, pihaknya terus berkomitmen memperbaiki kualitas kehidupan bagi warga Semarang. Untuk itu, Iswar Aminuddin berharap adanya teknologi sepeda listrik bisa mendukung tujuan hidup ke arah lebih baik.

Ia pun menjelaskan, beberapa waktu lalu pemerintah kota telah membeli moda transportasi bus bertenaga listrik. Berikutnya, pemerintah kota juga akan membeli mobil listrik untuk operasional organisasi perangkat daerah (OPD).

"Berikutnya kita akan membeli mobil listrik bagi kepala OPD. Hari ini telah kami launching (luncurkan-red) sebagai moda sepeda listrik yang bisa disewakan," imbuh Iswar Aminuddin.

Misalnya bagi masyarakat yang ingin berpergian ke berbagai tempat, namun terkendala finansial, solusinya bisa menyewa sepeda listrik dengan harga terjangkau. Di samping untuk mengatasi persoalan emisi, keberadaan sepeda listrik ini juga mampu mendongkrak wisatawan, baik dari dalam mapun luar Kota Semarang.

Penerapannya, PT Beam Indonesia akan melakukan kajian lebih detail terkait penempatan lokasi persewaan sepeda listrik. Iswar Aminuddin mengatakan, pihaknya akan mematuhi aturan dari pemerintah pusat terkait penyelenggaraan sepeda listrik ini.

"Kami terus dorong, tahun ini kami sudah mengoperasikan bus listrik. Artinya bahwa ini adalah salah satu solusi, termasuk penanaman pohon dari hulu ke hilir, tidak hanya lingkungan hijau dan termasuk air," pungkasnya. (fjr)

(and_)