Serba serbi

5 Cara Membahagiakan Diri Sendiri yang Perlu Kamu Coba

Tips & Trik

28 Desember 2022 19:01 WIB

Ilustrasi (Foto: Freepik/Tirachardz)

Solotrust.com - Bahagia adalah hal sangat penting dalam hidup, mengingat setiap orang mempunyai kebahagiaan tersendiri. Karenanya, tak heran setelah mengetahui solusi atau kebahagiaan yang cocok untuk diri sendiri, hal itu akan menjadi sesuatu yang sangat mudah untuk melupakan masalah sehingga dapat membuat hidup lebih bermanfaat.

Sejatinya ada banyak cara untuk membuat hidup jadi lebih bahagia. Berikut lima hal yang bisa kamu lakukan untuk membahagiakan diri sendiri.



1. Menghargai diri sendiri

Menghargai diri sendiri adalah suatu bentuk seseorang memandang dirinya sendiri. Menghargai diri sendiri menjadi hal sangat bagus untuk kesehatan mental dan tanpa membandingkan diri dengan orang lain. Oleh sebab itu , mulai sekarang hal yang harus diubah adalah sikap terhadap diri kita untuk tetap berpikiran positif dan membiasakan berbicara baik kepada diri sendiri.

2. Ubah sikap

Sikap dalam sebuah kehidupan sangat berpengaruh terhadap suatu kebahagiaan dan kepuasan dalam hidup yang kita jalani dan lakukan. Orang bahagia tidak hanya melihat dari kacamata optimistis, namun memiliki beberapa pengendalian diri dengan baik.

3. Menemukan keseimbangan

Cara membuat diri sendiri merasa senang dan bahagia adalah menemukan keseimbangan dalam hidup, baik soal perkerjaan, kehidupan pribadi, hubungan sosial maupun hubungan pada Sang Pencipta. Terkadang orang hanya sibuk mengejar apa yang menurut mereka bisa memberikan kebahagiaan, namun nyatanya hal itu tak menjamin menemukan bentuk kebahagiaan.

4. Kebiasaan yang dapat membahagiakan

Beberapa kebiasaan kecil bisa menjadi sumber kebahagiaan. Contohnya seperti menulis berita tentang hal hal yang wajib disyukuri, berjalan kaki dan menghirup udara segar, serta terus merasa penasaran pada hal yang belum kita ketahui untuk menemukan hal hal baru yang ada. Dengan selalu suka pada hal hal di sekitar dan dapat belajar hal baru, ini juga dapat menjadi sebuah cara untuk berhenti dari insecure yang ada pada kita.

5. Fokus menikmati yang ada saat ini

Fokus menikmati yang ada saat ini memang terbilang cukup mudah, namun praktiknya beberapa orang bisa saja tidak menikmati momen yang tengah mereka jalani karena terdapat beberapa hal. Pengalihan bisa saja datang dari mana saja, contoh aktivitas yang menghabiskan waktu banyak dengan melihat gadget dan bermedia sosial. Terkadang melakukan digital detox bisa menjadi cara untuk menikmati waktu pada saat ini untuk membuat diri kita menjadi bahagia.

Itulah beberapa cara untuk membahagiakan diri sendiri yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat. (ysf)

(and_)