Serba serbi

Audit 22 Stadion Sepak Bola di Indonesia, 5 Rusak Berat

Olahraga

24 Februari 2023 14:18 WIB

Presiden RI Joko WIdodo (Jokowi) meninjau Kawasan 1B, IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (24/02/2023). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Solotrust.com - Sebanyak 22 stadion sepak bola di Indonesia telah diaudit dan dievaluasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hal itu disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangannya saat meninjau Kawasan 1B, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (24/02/2023).

“Sesuai dengan perintah saya kepada Menteri PU untuk mengaudit stadion sepak bola kita, ada 22 stadion,” ucap presiden, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.



Lebih lanjut, Jokowi menuturkan 22 stadion itu merupakan stadion yang memiliki risiko tinggi untuk penyelenggaraan Liga 1, Liga 2, dan Piala Dunia U-20 pada 2023.

“22 stadion dengan kapasitas kurang lebih 20 ribu penonton dengan risiko tinggi selama Liga 1 dan Liga 2, dan juga untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023,” tandasnya.

Hasil audit dan evaluasi, Kepala Negara menjelaskan terdapat lima stadion dinilai rusak berat, sehingga empat di antaranya perlu direhabilitasi dan satu stadion perlu dibongkar.

“Kemudian 13 stadion rusak sedang perlu direnovasi dan empat stadion rusak ringan perlu direnovasi ringan,” sambungnya.

Adapun untuk Stadion Kanjuruhan, Jokowi mengatakan saat ini masih dalam tahap perencanaan ulang.

“Ini baru dalam proses redesign untuk rehabilitasi totalnya,” kata dia.

(and_)