Serba serbi

Bidik Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Erick Thohir Targetkan Sukses Piala Dunia U-20

Olahraga

13 Maret 2023 13:03 WIB

Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC), Erick Thohir dan tim saat meninjau Stadion Manahan Solo, salah satu lokasi calon penyelenggara pertandingan Piala Dunia U-20 2023, Minggu (12/03/2023)

SOLO, solotrust.com - Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC), Erick Thohir meninjau beberapa lokasi calon penyelenggara pertandingan Piala Dunia U-20 2023 di Kota Solo, Minggu (12/03/2023).

Tempat pertandingan pertama ditinjau, yakni Stadion Manahan Solo. Rombongan tiba sekira pukul 09.00 WIB.



Stadion dipersiapkan menghelat laga final itu jadi venue (tempat berlangsungnya acara-red) krusial yang butuh perhatian khusus. Dengan status jadi penyelenggara laga final turnamen diikuti 24 negara, Manahan bakal jadi pusat perhatian luas dunia.

Erick Thohir didampingi Menteri Pemuda dan Olaharaga (Menpora) Zainuddin Amali, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Essy Asiah, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

"Kalau di cabor (cabang olahraga) sepeda ada Tour de France yang kami lakukan tour stadium. Kunjungan ke Solo sangat penting, mengingat kota ini tak hanya menjadi ajang babak penyisihan dan partai final, tapi juga acara selebrasi penutupan Piala Dunia," ungkap Erick Thohir.

Sejumlah evaluasi diperoleh dalam kunjungan FIFA, Februari 2023 lalu berkaitan dengan peningkatan kualitas rumput lapangan, penambahan antislippery floor, dan pemasangan rumput sintetis di area sekeliling lapangan pertandingan.

Selain itu, pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga diperintahkan melakukan perbaikan minor fasilitas toilet bagi penonton. Tak terkecuali, kewajiban merenovasi media tribun, pembuatan kamera platform, penambahan CCTV, pembongkaran pagar tribun yang menghalangi pandangan penonton, serta penambahan flagpole.

FIFA juga menginstruksikan adanya penataan kawasan stadion, test commissioning lampu lapangan, dan perbaikan lampu area parkir plus pembuatan garis parkir. Kesemua itu dibenahi secara masif oleh pemkot dengan bantuan Kementerian PUPR. Diyakini proses pengerjaannya bisa tuntas sebelum kedatangan FIFA pada 25 Maret.  

Perkembangan renovasi di Stadion Manahan sudah mendekati tuntas, termasuk penanaman rumput lapangan yang sudah pada tahapan topdress dan penyulaman. Demikian pula pergeseran gerbang stadion sesuai permintaan FIFA.

"Kami bersyukur, terlihat Solo sangat siap buat penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Proses renovasi berjalan lancar, tinggal membereskan beberapa hal yang sifatnya minor seperti misalnya rumput. Pihak Kementerian PUPR menjanjikan proses perbaikannya tepat waktu. Kita berharap semuanya berjalan lancar," ucap Erick Thohir.

Perhatian yang menjadi poin penting tinjauan menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kali ini salah satunya, yakni penutupan area-area nonsponsor FIFA. Menilik, ada beberapa area di sekitar Stadion Manahan Solo dan lapangan-lapangan lain.

"Tolong diperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan spot-spot sponsor di area sekitar stadion. Jangan sampai bertabrakan dengan sponsor-sponsor FIFA, nanti juga akan ada koordinasi dengan sponsorship dari BUMN. Kita harus menjaga sponsor-sponsor FIFA. Sementara, buat fasilitas lain saya melihat tidak ada masalah yang berarti," urai Erick Thohir.

Hal itu diamini Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

"Kami siap menjadi tuan rumah yang baik," tegasnya.

Erick Thohir dan jajaran sebelumnya telah melakukan peninjauan ke Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang) dan Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (11/03/2023). Selain Solo, sejumlah wilayah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 juga dikunjungi, yakni Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta).

Pihak LOC berharap segala kekurangan bisa dibereskan, mengingat FIFA bakal melakukan verifikasi akhir pada 21 hingga 27 Maret. (riz)

(and_)

Berita Terkait

Piala Dunia U-20 Batal, Pemkot Solo Tak Merasa Dirugikan

Sempat Geram Soal Penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Gibran Minta Maaf ke Ganjar dan Wayan Koster

Soal Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Gibran Geram: Kenapa Sekarang Protes kalau Tidak Mau?

Tweet Gibran Soal Stadion Manahan Boleh Dipakai Persis Solo, Isyaratkan Piala Dunia U-20 Batal?

Ketar-Ketir, Gibran Tunggu Info Resmi dari FIFA usai Pembatalan Drawing Piala Dunia U-20 Bali

Tak Gubris Ganjar Tolak Timnas Israel Main di Piala Dunia U-20, Gibran Fokus Siapkan Venue

Final Piala Asia 2023: Qatar Back to Back Pertahankan Mahkota Juara

Piala Asia 2023: Tuan Rumah Qatar Berhasil Lolos Final

Piala Asia 2023: Yordania Bungkam Korea Selatan di Babak Semifinal

Timnas Indonesia Juara Piala Asia eFootball 2023

Piala Asia 2023: Iran Menang Dramatis atas Jepang

Korsel Lolos Semifinal Piala Asia 2023, Tumbangkan Australia di Babak 8 Besar

Shellter Manahan, Tempat Nongkrong Asyik Sambil Wisata Kuliner

Gibran Akui 2 Hari Laga Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan Sepi Penonton

Shelter Manahan, Pusat Kuliner di Solo Harga Ramah di Kantong

Konser Dewa 19 All Stars Digelar 29 Juli 2023 di Stadion Manahan, Lokasi Liga 1 Pindah

Profil Mentereng Stadion Manahan Solo, dari Pacuan Kuda hingga Destinasi Wisata

Rayakan Ultah ke-5, SMA Pradita Dirgantara Hadirkan Deretan Musisi Papan Atas di Stadion Manahan

Jaga Silaturahmi, Solo Paragon Gelar Halal Bihalal

Sambut Bulan Baru, Neo Gading Solo Hadirkan Beragam Promo Eksklusif

Gojek Luncurkan Layanan GoTransit Terintegrasi Commuter Line Solo-Yogyakarta

Omah Lowo, Heritage Batik Keris Solo

Rekomendasi 5 Kuliner Nikmat Khas Solo, Favorit Wisatawan

Astrid Widayani Maju Pilkada Solo Lewat Gerindra, Siap Abdikan Diri untuk Sosial Kemasyarakatan

Kaesang Nikah, 16 Ribu Porsi Makanan Gratis Disediakan bagi Warga Solo

Warisan Pernikahan Kaesang-Erina, Pura Mangkunegaran akan Kian Cantik sebagai Objek Wisata

Indonesia Siap Jadi Pemain Utama Industri Mobil Listrik

Berita Lainnya