Hard News

Mbah Harun Jemaah Haji Indonesia Tertua, Berusia 119 Tahun

Nasional

26 Mei 2023 14:41 WIB

Harun bin Senar, jemaah haji tertua Indonesia berusia 119 tahun, didampingi petugas haji PPIH Arab Saudi. (Foto: Dok. Istimewa/kemenag.go.id)

Solotrust.com - Harun bin Senar menjadi jemaah haji tertua dari Indonesia dengan usia 119 tahun. Ia tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Jumat (26/05/2023) dini hari dalam kondisi sehat.

Melansir laman resmi Kementerian Agama RI, kemenag.go.id, kakek asal Pamekasan, Madura, Jawa Timur ini bersama 449 jemaah lainnya tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) SUB-6.



Di usianya yang sudah senja, Mbah Harun masih terlihat bugar. Tak ada raut kelelahan di wajahnya.

Ia juga menjawab pertanyaan petugas dengan baik, bahkan ketika ditanya petugas atas kondisi kesehatannya, Mbah Harun langsung berdiri untuk menunjukkan kalau dirinya masih kuat dan bisa berjalan.

Dalam daftar tunggu, Mbah Harun mendaftar haji pada 2017, sejatinya baru akan berangkat pada 2046 mendatang. Namun lantaran tahun ini terdapat kuota prioritas jemaah lanjut usia (Lansia), ia pun berkesempatan ke Tanah Suci setelah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) dengan menjual tanah miliknya.

Kendati Mbah Harun dalam kondisi kesehatan baik, setibanya di Bandara AMAA Madinah, petugas tetap memberikan kursi roda. Selain menjadi bagian layanan Haji Ramah Lansia, fasilitas ini bertujuan mengantisipasi bila Mbah Harun lelah setelah perjalanan panjang.

Tiba di bandara, setelah pemeriksaan di imigrasi, Mbah Harun dicek kesehatannya oleh petugas Kesehatan Indonesia. Petugas kemudian membantunya menuju bus.

Panjenengan norok kauleh, Pak. Bisa? (Bapak ikut saya, bisa?),” tanya petugas haji dalam bahasa Madura.

Enggi, enggi, ngireng, ngireng. (Iya.. iya.. ayo..ayo..),” sahut Mbah Harun berbisik sambil mengikuti petugas.

Selanjutnya petugas mengarahkannya untuk turun dari kursi roda dan berdiri mengikutinya saat naik bus. Ia pun bersedia mengikuti petugas dengan dipapah hingga dapat duduk di kursi kendaraan umum. Bus mengantarkan rombongan 450 jemaah haji SUB 6 ke Hotel Jawar Taiba di Abraj Taba.

Adapun hingga berita ini diturunkan, sebanyak 13.159 jemaah haji asal Indonesia tiba di Madinah dan akan terus berdatangan hingga 7 Juni 2023. Terjadwal 14 kloter tiba di Madinah pada hari ini dengan total 5.490 Jemaah.

(and_)