Hard News

TMMD Reguler ke-116, Kodim 0735/Surakarta Gelar Penyuluhan Pengelolaan Sampah

TNI / Polri

31 Mei 2023 19:03 WIB

Penyuluhan tentang pengolahan sampah dan administrasi kependudukan di pendopo Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Senin (29/05/2023) malam.

SOLO, solotrust.com - Warga di Kampung Balong Baru Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Banjarsari mengikuti kegiatan nonfisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-116 Kodim 0735/Surakarta. Kegiatan berupa penyuluhan tentang pengolahan sampah dan administrasi kependudukan di pendopo Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Senin (29/05/2023) malam.

Pemberian materi pengelolaan sampah dalam kegiatan sasaran nonfisik TMMD Reguler ke-116 Kodim 0735/Surakarta ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta dengan narasumber Tofan Bimas Susanto.



Dalam kesempatan itu, Tofan Bimas Susanto mengatakan hal ini dilakukan sebagai pelatihan bagaimana pengelolaan sampah organik maupun anorganik.

”Sampah-sampah organik dijadikan kompos dan bagaimana proses pembuatannya, kemudian sampah anorganik dibuat sebagai kerajinan tangan,” terangnya dalam siaran pers diterima solotrust.com.

Menurut Tofan Bimas Susanto, sosialisasi penyuluhan bertujuan untuk mengubah pola pikir masyarakat mengenai sampah sebagai sesuatu tak bernilai menjadi barang bernilai guna.

“Saat ini jangan menilai sampah sebagai hal yang tidak berguna, melainkan harus menilai sampah sebagai sesuatu yang bisa dimanfaatkan dan bernilai guna, sehingga bisa mendatangkan rupiah,” ujarnya.

Tofan Bimas Susanto juga menyampaikan kepada warga yang hadir menggikuti acara agar tidak membakar sampah sembarangan. Pasalnya, selain bisa memicu kebakaran juga dapat menimbulkan polusi udara.

(and_)