Hard News

Karya Bakti Daerah Tahap III Tahun 2018 Ditutup, Sasaran Tercapai 100 Persen

Jateng & DIY

29 Agustus 2018 13:04 WIB

Pelaksanaan upacara penutupan Karya Bakti Daerah Tahap III Tahun 2018 di SD Negeri Kedung Lumbu No 128 Jalan Untung Suropati No 64, Kelurahan Pasar Kliwon, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Rabu (29/8/2018). (solotrust.com/adr)

SOLO, solotrust.com - Komandan Kodim 0735/ Surakarta Letkol Inf Ali Akhwan menjadi inspektur dalam upacara penutupan Karya Bakti Daerah (KBD) Tahap-III Tahun 2018 di SD Negeri Kedung Lumbu No 128 Jalan Untung Suropati No 64, Pasar Kliwon , Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Upacara turut dihadiri Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, jajaran Muspida dan diikuti 1 Sst Korem 074/Wrt, 1 Sst Kodim 0735/Ska , 1 Sst Koramil IV/Ska, 1 Sst Brimob, 1 Sst Sabhara, 1 Sst Satpol PP, 1 Sst LDII, 1 Sst MTA, dan 1 Sst FKPPI.



Secara simbolis Komandan Kodim 0735/ Surakarta Letkol Inf Ali Akhwan mengembalikan peralatan kerja kepada perwakilan panitia KBD, dilanjutkan penandatanganan berita acara dan pemukulan kentongan yang menandai ditutupnya KBD Tahap III TA 2018.

Sebagai tanda ditutupnya KBD, Dandim 0735/Ska secara simbolis mengembalikan peralatan kerja kepada perwakilan panitia KBD. Kemudian dilanjutkan pemukulan Gong oleh Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Dalam amanatnya, Letkol Inf Ali Akhwan menyatakan, KBD Tahap III telah mencapai sasaran fisik berupa perbaikan talud sungai jenes di RT 01/01 Kelurahan Pasar kliwon dengan panjang 29 meter dan tinggi 5,37 meter.

"Pada hari ini Rabu tanggal 29 agustus 2018 Karya Bhakti daerah tahap III tahun 2018 saya nyatakan ditutup. Sasaran KBD telah selesai 100 persen, dengan ini diharapkan dapat meminimalkan terjadinya longsor dan menjadi penahan air sungai yang kuat," tegas Dandim

Sedangkan sasaran non fisik, kata Dandim, meliputi berbagai macam penyuluhan serta pemberian bantuan sebanyak 360 sembako kepada masyarakat kurang mampu, fasilitas kegiatan bazar dan pasar murah.

"Untuk non fisik kita juga lakukan penyuluhan wawasan kebangsaan dan Bela Negara, penyuluhan hukum tertib lalu-lintas, penyuluhan narkoba, penyuluhan TBC dan HIV AIDS, penyuluhan pelayanan BPJS, penyuluhan koperasi, penyuluhan Kartu Indonesia Pintar, penyuluhan tanggap bencana kebakaran, penyuluhan KB dan penyuluhan KDRT," papar dia.

Sementara itu, pantauan di lokasi KBD bazaar dan pasar murah, tampak antusiasme warga mendatangi dan memanfaatkan fasilitas itu, apalagi saat wali kota hadir dan membagi-bagikan kepada warga, sejumlah barang yang ia beli dalam bazaar. Di antaranya bawang putih, bawang merah, hingga pepes ikan.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo menyampaikan, bahwa kegiatan Karya Bakti Daerah (KBD) Tahap-lll di Kelurahan Pasar Kliwon ini merupakan upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa melalui percepatan pembangunan di daerah.

"Kegiatan ini membuktikan bahwa masyarakat dan aparat dapat bersinergi dalam pembangunan, baik fisik maupun non fisik dalam menjaga keutuhan Negara." Terangnya.

Lebih lanjut, kata Rudy, bahwa KBD merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam upaya pelestarian budaya gotong royong untuk mendukung pembangunan infrastruktur di lingkungan masing-masing.

"Yang utama KBD menjadi implementasi keterpaduan masyarakat bersama TNI/Polri dan pemerintah dalam membangun wilayah," ucap dia.

Rudy turut mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada jajaran TNI/POLRI dan juga segenap lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi aktif dalam pembangunan, sehingga menghasilkan karya pembangunan yang optimal dan meningkatkan roda perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Kita harapkan hasil pembangunan yang sudah dikerjakan agar dipelihara dan dikembangkan lagi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkas Rudy. (adr)

(wd)