Serba serbi

5 Tips Praktis Merawat Smartphone dari Suhu Panas Musim Kemarau

Tips & Trik

6 Juli 2023 16:05 WIB

Ilustrasi (Foto: Pixabay/HutchRock)

Solotrust.com - Secara umum, musim kemarau tidak berpengaruh secara langsung terhadap smartphone. Kendati kondisi cuaca terbilang panas karena terik matahari, namun hal itu tidak langsung memberikan dampak serius ke smartphone. Hanya saja, musim kemarau dapat memengaruhi kondisi lingkungan di sekitar dan pada akhirnya berimbas pula pada kinerja telepon seluler (Ponsel).

Seperti diketahui, suhu panas menjadi momok menakutkan untuk perangkat handphone (HP). Panas berlebih dapat mengakibatkan perangkat overheat dan kerusakan permanen. Ditambah musim kemarau identik dengan suhu lingkungan menyengat, bukan tak mungkin jika HP menjadi cepat panas.



Di beberapa kasus, bahkan sering terjadi jika smartphone terlalu panas akan menyebabkan data-datanya hilang, selain itu juga akan memperlambat kinerja perangkat tersebut.

Jika baterai smartphone terkena panas terlalu lama akan menyebabkan kebocoran atau sering terjadi lowbat. Selain itu smartphone terkena panas terlalu lama juga dapat membahayakan pemakainya.

Jika kalian masih bingung bagaimana cara melindungi smartphone dari suhu panas saat musim kemarau, berikut beberapa tips untuk mengatasinya.

1. Hindari penggunaan HP terlalu lama

Penggunaan HP terlalu lama dapat meningkatkan suhu pada smartphone, terutama jika digunakan untuk aplikasi membutuhkan banyak daya, seperti game atau streaming video. Sebaiknya, batasi penggunaan HP dan beristirahat sejenak jika sudah terasa panas.

2. Hindari paparan sinar matahari langsung

Cara termudah untuk mencegah panas berlebih adalah dengan menjauhkan ponsel dari sinar matahari. HP kamu akan menangkap cahaya dan panas dari matahari yang bisa membuat overheating.

Selain itu jangan biarkan HP-mu berada di tempat panas seperti di dalam mobil atau di bawah sinar matahari langsung. Hindari pula menyimpan HP di dekat benda-benda yang dapat menyerap panas seperti oven atau radiator.

3. Matikan fitur yang nggak kamu perlukan

Terlalu banyak aplikasi terbuka berjalan di latar belakang menyebabkan ponsel kamu bekerja lebih keras. Ini akhirnya bisa menyebabkan overheating pada ponsel kamu. Solusinya sederhana, cukup tutup aplikasi yang tidak kamu gunakan agar aplikasi itu tidak berjalan di belakang layar. Matikan fitur tak diperlukan jika tidak digunakan untuk menghemat baterai dan menjaga suhu HP tetap stabil.

4. Gunakan charger pabrikan

Pengisi daya atau charger untuk masing-masing ponsel dibuat dengan komponen berbeda-beda. Jadi, agar HP kamu tetap aman, gunakan pengisi daya dari produsen terkemuka kompatibel dengan perangkat kamu. Usahakan tidak meletakkan ponsel di atas kasur maupun di bawah bantal saat sedang melakukan pengisian daya.

5. Gunakan softcase berwarna cerah

Di toko aksesoris HP, kamu bisa mendapatkan pelindung body atau lebih dikenal dengan softcase. Pilihlah material softcase lentur dan adem. Kamu juga bisa memakai warna case cerah, agar case tidak menyimpan dan menyerap panas berlebih. Usahakan softcase juga rapat untuk digunakan sehingga mencegah debu-debu masuk ke perangkat. (Arum)

(and_)