Serba serbi

5 Manfaat Konsumsi Telur Rebus yang Jarang Diketahui

Serba serbi

7 Agustus 2023 09:09 WIB

Telur rebus (Foto: Pixabay/happyrich358)

Solotrust.com - Telur mengandung banyak nutrisi baik untuk kesehatan dan kecantikan. Makanan sumber protein hewani ini menjadi salah satu santapan favorit dan paling sering dikonsumsi masyarakat. 
 
Selain harganya relatif murah, telur juga mudah diolah menjadi beraneka macam lauk dengan cita rasa lezat. Salah satu penyajian telur paling umum dan mudah adalah dengan cara merebusnya.
 
Manfaat telur rebus didapatkan dari kandungan nutrisinya. Banyak anggapan telur adalah salah satu penyebab kolesterol tinggi. Namun, berdasarkan penelitian, konsumsi telur secara wajar umumnya tidak akan meningkatkan kadar kolesterol darah. 
 
Telur rebus juga mengandung sumber vitamin A, vitamin D, kalsium, dan zat besi. Nah, simak apa saja manfaat mengonsumsi telur rebus berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber.
 
1. Menjaga fungsi otak
Sel-sel saraf di otak butuh senyawa kolin sebagai zat pembangun dan penunjang agar otak bisa bekerja dengan baik.
 
Studi membuktikan 90 persen orang telah kekurangan senyawa ini. Adapun untuk bisa kembali mencukupi kebutuhan harian kolin, kamu bisa memasukkan telur ke dalam menu makanan harian. Di dalam sebutir telur terkandung 100 gram kolin.
 
2. Menjaga kesehatan mata
Lutein dan zeaxanthin dalam telur rebus memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang membantu menjaga kesehatan mata. Keduanya terbukti secara ilmiah bisa membantu memperbaiki kerusakan retina. 
 
Selain itu, antioksidan di dalam telur juga bisa membantu menurunkan risiko katarak dan melindungi fungsi mata secara keseluruhan. Ada pula kandungan vitamin A di dalam telur yang turut menjaga ketajaman penglihatan dan melindungi mata dari kerusakan.
 
3. Menguatkan tulang prenatal
Protein dalam telur rebus bekerja mendorong perkembangan prenatal yang mendukung pertumbuhan gigi, tulang, dan pertumbuhan umum bayi selama kehamilan.
 
4. Meningkatkan metabolisme
Kandungan kolin pada telur dapat membantu proses pencernaan lemak dan mencegah penumpukan lemak pada tubuh. Telur rebus dapat meningkatkan kadar adiponectin yang bisa meningkatkan metabolisme, meningkatkan kemampuan tubuh saat merespons insulin, dan memperlancar proses pencernaan lemak.
 
5. Menurunkan berat badan
Mengonsumsi telur rebus membuat perut  merasa kenyang lebih lama tanpa terlalu banyak kalori, sehingga baik bagi yang ingin menurunkan berat badan.
(Arum)

(and_)