Hard News

Usai Skandal Seksual, Miss Universe Organization Cabut Lisensi di Indonesia

Global

14 Agustus 2023 11:17 WIB

Miss Universe Indonesia (Foto: Instagram @missuniverse))

Solotrust.com - Media maya akhir-akhir ini dihebohkan dengan skandal kasus pelecehan seksual pada audisi Miss Universe Indonesia (MUID) 2023.

Memasuki babak baru, Miss Universe Organization (MUO) resmi mencabut lisensi untuk Indonesia. Hal ini diumukan langsung melalui unggahan Instagram stories Miss Universe Organization @missuniverse.



"Miss Universe Organization telah memutuskan untuk mengakhiri relasi dengan pemegang lisensi di Indonesia, yakni PT Capella Swastika Karya dan National Director Poppy Capella," tulis pernyataan Miss Universe dilansir melalui Instagram stories @missuniverse, Sabtu (12/08/2023).

PT Capella Swastika Karya baru seumur jagung memegang lisensi MUID. Sebelumnya lisensi ini dipegang Yayasan Putri Indonesia (YPI) selama puluhan tahun.

MUO beranggapan kasus skandal yang baru viral ini tak sesuai etika, standar, dan harapan pada buku panduan dan kode etik.

Atas kejadian ini, MUO akan mengevaluasi kebijakan, prosedur, dan memastikan tidak ada pengukuran tinggi, berat, atau bentuk tubuh untuk kontes Miss Universe seluruh dunia.

Awal mula kasus ini terungkap imbas dugaan tindakan pelecehan seksual dialami para finalis Miss Universe Indonesia 2023.

Tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, mereka diminta body checking tanpa busana. Kejadian ini telah dilaporkan kepada polisi dan dalam tahap penerimaan laporan.

Sementara itu, Poppy Capella buka suara melalui Instagram @missuniverse_id. Dirinya mengklaim dan menentang segala bentuk pelecehan seksual, termasuk dalam lingkungan Miss Universe Indonesia.

Poppy Capella mengungkap, ia mengantongi bukti maupun informasi ada pihak-pihak sengaja ingin merebut izin Miss Universe Indonesia dari tangannya.

"Saya telah mendapatkan bukti-bukti dan informasi bahwa ini memang sengaja dilakukan oleh pihak-pihak tertentu yang berkeinginan mengambil alih izin Miss Universe Indonesia yang saya miliki," terang Poppy Capella.

Ia pun mengimbau publik tak terkecoh dengan pemberitaan tak benar. Selain itu, Poppy Capella tengah mempersiapkan konferensi pers lebih komprehensif dan segera dilaksanakan. (Anggi)

(and_)