Ekonomi & Bisnis

Sensasi Belanja di Pasar Kembang Solo, Surganya Pecinta Bunga

Ekonomi & Bisnis

09 September 2023 10:01 WIB

Pedagang bunga di Pasar Kembang Solo sedang melayani pembeli. (Foto: Dok. solotrust.com/Natasya)

SOLO, solotrust.com - Jika tertarik dengan indahnya jenis bunga lokal maupun impor berkualitas, Pasar Kembang Solo wajib kamu sambangi. Pusat penjualan bunga terbesar di Kota Solo ini menyajikan banyak varian bunga yang mampu memanjakan mata dan memenuhi kebutuhan para penggemar bunga eksotik, seperti mawar, krisan, dan aster.

Pasar Kembang berlokasi di kawasan Jalan Honggowongso Kemlayan, Kecamatan Serengan, Solo. Pasar ini berada persis di pinggir perempatan jalan.



Sesuai namanya, Pasar Kembang menjual berbagai macam bunga. Harganya pun terbilang cukup murah. Umumnya, pasar ini ramai ketika musim sadranan, Syawal Suro, dan bulan nikahan.

Pasar Kembang dibangun sejak 1967. Keberadaan pasar ini tak lepas dari budaya masyarakat Solo dengan berbagai macam kebiasaan yang membutuhkan bunga sebagai pelengkap tradisi turu- temurun.

Tradisi itu, antara lain ziarah kubur yang biasa dilakukan menjelang bulan puasa. Ada pula tradisi untuk melengkapi prosesi sebelum menikah dengan mandi air dicampur bunga aneka macam atau biasa dikenal dengan istilah siraman. Rangkaian bunga melati juga sering digunakan pasangan pengantin saat prosesi pernikahan.

Selain menyediakan bunga untuk kebutuhan tertentu, di Pasar Kembang juga banyak pedagang menjual bunga segar untuk keperluan pesta pernikahan, buket, dan bunga tangkai sebagai hadiah.

Bunga yang dijual di pasar ini dibeli langsung dari petani dari wilayah Boyolali. Setiap pagi para pedagang mendapatkan pasokan sehingga bunga selalu terganti tiap hari dan masih segar.

Sebagian pedagang berjualan mulai pukul 07.00 WIB sampai malam hari, namun tak sedikit di antara mereka menjajakan dagangannya mulai pagi hingga dini hari. (Lativa/Salsabila)

(and_)