Serba serbi

KAI Ajak Masyarakat Gowes dan Berwisata di Solo

Olahraga

16 September 2023 15:59 WIB

Ilustrasi

Solotrust.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI Persero) akan menyelenggarakan acara Gowes KAI 100K 2023 di Solo pada Sabtu, 14 Oktober 2023. Masyarakat sudah dapat mendaftar acara ini mulai Jumat, 15 September 2023 melalui aplikasi Goers atau situs web goersapp.com.

VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus, mengatakan KAI 100K 2023 mengusung konsep Sport Tourism yang bertujuan mengajak masyarakat menikmati pariwisata di Kota Solo dan sekitarnya dengan cara bersepeda.



"Acara ini juga dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 KAI yang jatuh pada 28 September 2023," tambahnya dalam siaran pers.

Ajang gowes ini terbagi menjadi dua kategori, yakni jarak 100 km dan 50 km dengan titik start dan finish di Pura Mangkunegaran Solo. Rute gowes akan melewati satu kotamadya, yakni Solo dan tiga kabupaten (Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali).

KAI 100K 2023 akan melibatkan ribuan peserta, terdiri atas penggemar sepeda dan masyarakat umum dengan mengombinasikan berbagai aktivitas, musik, masakan sehat, dan daya tarik khusus dalam satu acara untuk semua orang yang ingin gaya hidup sehat.

KAI membuka kuota untuk masyarakat pada kegiatan KAI 100K 2023 sebanyak seribu pesepeda. Peserta cukup membayar Rp350 ribu untuk rute 50 km dan Rp400 ribu untuk rute 100 km, dan akan mendapat benefit jersey, medali, merchandise KAI 100K berupa stiker dan gelang, makan prasmanan serta kesempatan mendapatkan doorprize dengan total senilai Rp100 juta.

Adapun penukaran tiket dengan berbagai benefit tersebut dapat dilakukan mulai H-3 di tempat penukaran tiket yang akan KAI infokan kemudian.

Sementara untuk memastikan kondisi peserta gowes, KAI akan menyiagakan layanan medis di sejumlah titik. Di samping itu, guna memeriahkan acara, KAI juga menyediakan hiburan musik, tenant makanan, minuman, kerajinan tangan, dan brand lokal.

"Keluarga dan teman-teman yang datang untuk mendukung para peserta kompetisi dapat menunggu di lokasi sambil menikmati makanan dan minuman serta berbelanja dari merek-merek lokal Solo yang tersedia dari para penjual," kata Joni Martinus.

Ditambahkan, mengusung semangat kebersamaan, KAI 100K 2023 menjadi bagian dari komitmen KAI untuk mendorong gaya hidup sehat dan menyenangkan serta agar terus menggunakan kereta api ramah lingkungan.

"Penyelenggaraan KAI100K ini merupakan salah satu upaya KAI untuk menjadi lebih dekat dengan para pecinta sepeda, di mana mereka juga merupakan bagian dari pengguna jasa KAI," tukas Joni Martinus.

(and_)