Hard News

Dirjen Imigrasi Kemenkumham Terapkan 3 Strategi Pokok agar Semakin Terdepan

Jateng & DIY

20 Oktober 2023 13:03 WIB

Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI Silmy Karim saat memberikan arahan tugas ketika melaksanakan kunjungan kerja di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati, Kamis (19/10/2023). (Foto: Dok. Istimewa)

PATI, solotrust.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kemenkumham RI Silmy Karim terus melakukan berbagai strategi agar kehadiran Imigrasi semakin dirasakan masyarakat.

Silmy Karim bertekad untuk membangun gerbang masuk Indonesia itu semakin cantik dengan kinerja maksimal dan peningkatan kualitas di beberapa sektor.



Ia menguraikan setidaknya ada tiga strategi agar peran Imigrasi semakin terdepan, di antaranya optimalisasi anggaran, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), dan memahami aturan main.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan arahan tugas ketika melaksanakan kunjungan kerja di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati, Kamis (19/10/2023).

"Salah satu fokus saya adalah mendorong anggaran untuk tetap optimal. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) harus cermat menyusun anggaran untuk satuan kerja (Satker)-nya masing-masing," kata Silmy Karim di aula Kanim Pati.

"Apabila fasilitas kita lengkap akhirnya kinerja untuk membantu masyarakat semakin optimal dan cepat juga," sambungnya.

Terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada jajaran Imigrasi, Silmy Karim mengatakan, tour of duty maupun tour of area dapat menjadi sebuah jalan keluar.

Menurut mantan direktur utama PT Krakatau Steel itu, promosi dan mutasi merupakan jawaban atas kebutuhan peningkatan kualitas SDM, utamanya untuk meningkatkan kualitas di bidang manajerial dan teknis.

"Apabila pegawai diberikan kesempatan untuk berpindah tugas, di situlah menjadi cara efektif untuk belajar, wawasannya pun akan semakin luas," tutur Silmy Karim.

"Kalau bisa yang sudah tiga tahun mengabdi di suatu tempat harus segera dipindahkan agar proses belajar dapat berlangsung terus-menerus," lanjutnya.

Sebagai penutup, sejalan dengan amanat Presiden RI Joko Widodo perihal pengembangan dan kemudahan pelayanan keimigrasian, baik kepada warga Negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA), Silmy Karim berharap semangat dari kepala negara tersebut juga hadir di benak seluruh insan Imigrasi Indonesia. Dirinya berpesan untuk menaati aturan telah dibuat.

"Adapun untuk lebih baik, maka aturan yang menyulitkan harus dipangkas itu sesuai arahan presiden, makanya dalam peraturan keimigrasian terbaru, rekomendasi dari instansi lain saya cabut semua," ungkap Silmy Karim

"Jalankan peraturan keimigrasian sesuai dengan aturan mainnya seperti apa," tandasnya.

Sebelumnya, Silmy Karim dan rombongan melihat secara langsung sejauh mana pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati.

Kunjungan dirjen Imigrasi kali ini merupakan perdana di wilayah Jawa Tengah. Dalam kesempatan itu, Silmy Karim didampingi Kakanwil Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto, Direktur Izin Tinggal Keimigrasia Heru Tjondro, Kepala Divisi Keimigrasian Is Ekoputranto, dan Kakanim Kelas I Pati Edwin.

(and_)