Hard News

Peduli Sosial, Rider Bangun Sumur di Desa Tugu Kebumen

Jateng & DIY

13 November 2023 14:27 WIB

Rider membuat sumur atau sumber air bersih di Desa Tugu, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. (Foto: Dok. Istimewa)

KEBUMEN, solotrust.com - PT Mulia Knitting Factory melalui produk unggulannya Rider Underwear sejak 1955 telah fokus pada dunia pakaian dalam di Indonesia. Selama 68 tahun menjaga kualitas bahan dan selalu melakukan inovasi di bawah kepimpinan Hanan Supangkat yang merupakan generasi ke empat setelah Henry Supangkat, Max Mulyadi Supangkat, dan pendiri PT Mulia Knitting Factory, yakni Phan Tjen Kong.

Melalui program Rider Peduli sebagai bentuk dari corporate social responsibility (CSR), Rider membuat sumur atau sumber air bersih di Desa Tugu, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.



Pembuatan sumur air bersih di Kebumen ini terdapat dua titik lokasi tak terlalu jauh, yakni di Tugu Curug Gintung dihuni 80 kepala keluarga (320 jiwa) dan Tugu 2 dihuni 80 kepala keluarga (285 jiwa).

Masing-masing lokasi memiliki permasalahan dan kedalaman sumur berbeda, seperti di lokasi Tugu Curug Gintung, warga menggunakan air sumur gali dan sungai untuk kebutuhan sehari-hari.

Kondisi musim atau cuaca saat ini sungai mulai mengering. Sumur bor dibuat sedalam 118 meter dengan kendala berupa batu cadas.

Sementara lokasi Tugu 2, pasokan air saat itu menggunakan Pamsimas, kondisinya tak mencukupi karena harus bergantian dengan warga atau RT lain, sehingga hanya mendapat jatah dua kali aliran dalam sepekan.

Adapun untuk memenuhi kekurangan air, warga mengambilnya dari sumur RT lain berjarak sekira tiga kilometer. Sumur bor dibuat sedalam 140 meter juga mengalami kendala berupa batu cadas.

Program CSR Rider melalui Rider Peduli sebelumnya sudah melakukan beberapa kegiatan, seperti pembangunan jembatan di Brebes, khitanan massal di Karawang, dan beberapa kegiatan lainnya.

Kali ini dikarenakan dampak kekeringan dialami sebagian besar wilayah di Indonesia sehingga banyak warga mengalami krisis air bersih. Rider membuat beberapa titik sumur air bersih tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Saat ini Rider meresmikan dua titik di Kebumen terlebih dahulu yang kondisinya sudah siap untuk digunakan warga sekitar membutuhkan. Dengan adanya program Rider Peduli Sumur Air Bersih ini diharapkan dapat membantu warga dalam memenuhi kebutuhannya, seperti untuk beribadah, minum, dan juga mencuci.

(and_)