Serba serbi

Kenali 5 Jenis Parfum Ini, Mana yang Paling Tahan Lama?

Serba serbi

12 Januari 2024 11:01 WIB

Ilustrasi (Foto: PixabayAVAKAphoto)

Solotrust.com - Ada beragam jenis parfum atau pengharum tubuh beredar di pasaran, namun ternyata masih banyak orang belum mengetahui perbedaannya.

Perlu diketahui, masing-masing parfum mempunyai ciri khasnya. Ada wewangian mampu tahan lama, namun ada pula yang gampang menguap karena angin atau panas.



Adapun jjenis parfum beredar di pasaran saat ini, antara lain extra de parfum, eau de parfum, eau de toilette, eau de cologne, dan eau fraiche.

Jenis-jenis parfum ini memiliki kandungan dan makna berbeda. Berikut penjelasan masing-masing parfum, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Parfum (Extrait de Parfum)

Parfum atau juga disebut extrait terbuat dari minyak wangi ekstrak murni dan memiliki konsentrasi tinggi sekira 20 hingga 30 persen.

Wanginya kuat dan tidak gampang menguap sehingga cenderung tahan lama dan dapat bertahan enam hingga delapan jam atau lebih.

Parfum lebih cenderung kental dan berminyak sehingga menggunakan kemasan botol sumbat dan bukan botol semprot agar dapat menyesuaikan jumlah pemakaiannya.

karena konsentrasi cukup tinggi, parfum ini biasanya dijual dalam botol sangat kecil dan lebih mahal dibandingkan parfum lain.

2. Eau de Parfum (EDP)

Aroma eau de parfum memang tidak sekuat parfum, namun masih lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya karena parfum jenis ini memiliki konsentrasi minyak parfum sebesar 15 hingga 20 persen dan aromanya dapat bertahan selama empat hingga delapan jam.

Biasanya eau de parfum dijual dalam botol kecil berbentuk spray. Jenis parfum ini sering dan cocok digunakan untuk aktivitas seharian.

3. Eau de Toilette (EDT)

Kadar konsentrasi eau de toilette jika dibandingkan jenis parfum lainnya tak terlalu ringan, namun tidak juga terlalu kuat karena hanya memiliki kandungan minyak parfum sebesar lima hingga 15 persen serta wanginya biasanya bertahan selama dua hingga tiga jam.

Aroma eau de toilette yang cukup ringan membuatnya banyak digunakan dan dikemas dalam botol spray sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

Harganya pun biasanya lebih terjangkau dibandingkan parfum dan eau de parfum sehingga banyak peminatnya.

4. Eau de Cologne (EDC)

Jika mendengar eau de cologne pasti banyak yang akan mengidentifikasikannya sebagai parfum lelaki. Padahal, parfum dengan konsentrasi sebesar tiga hingga empat persen ini tak selalu identik dengan parfum lelaki.

Eau de cologneatau lebih dikenal dengan body mist, body spray, atau body splash ini beraroma sangat ringan dan menyegarkan, namun mudah menguap sehingga hanya dapat bertahan hingga dua jam saja.

5. Eau Fraiche

Parfum jenis eau fraiche memiliki konsentrasi paling rendah dengan kandungan parfum sebesar satu hingga tiga persen dan menggunakan campuran air, berbeda dengan jenis parfum lain yang menggunakan campuran alkohol.

Konsentrasi kandungannya yang sangat kecil, aroma parfum ini hanya dapat bertahan selama satu hingga dua jam saja.

(Farah Hasna'ul)

(and_)