Serba serbi

Qatar Menang atas Lebanon di Laga Pembuka Piala Asia 2023

Olahraga

16 Januari 2024 17:05 WIB

Akram Afif merayakan gol kemenangan Qatar atas Lebanon. (Foto: Instagram/@sorin_furcoi)

Solotrust.com - Piala Asia 2023 diawali duel Qatar kontra Lebanon di laga pembuka. Pada pertandingan ini Qatar menang tiga gol tanpa balas atas rivalnya.

Piala Asia 2023 resmi dibuka pada Jumat (12/01/2024) malam. Negara tuan rumah Qatar memulai pertandingan pembukaan melawan Lebanon. Dua tim tergabung di Grup A, yakni China dan Tajikistan.



Pada menit ke-45, gol Akram Afif membawa Qatar unggul 1-0 di babak pertama. Almoez menggandakan keunggulan di menit kedua sebelum Afif mencetak dua gol di menit terakhir untuk membantu Qatar memenangkan laga pembuka dengan skor 3-0.

Jalannya pertandingan

Qatar mencetak gol cepat melalui Almoez Ali pada menit ke-5, namun wasit menyatakan gol itu tidak sah karena sang penyerang berada dalam posisi offside saat mengejar bola.

Qatar terus memberikan tekanan. Giliran Abdurisag menembak dari jarak dekat, namun masih gagal menemui sasaran.

Pada menit ke-20, Qatar kembali mendapat peluang. Afif memberikan tendangan bebas dan Alhamdi Ali menyundul bola ke arah gawang, namun bola berhasil diblok kiper Matar.

Lebanon membalas semenit kemudian. Tendangan jarak dekat Maatouk berhasil diselamatkan kiper Basham. Peluang emas Afif melayang. Pada menit ke-31, sundulannya membentur mistar gawang.

Pada menit ke-45, Akram Afif mencetak gol dan Qatar memimpin 1-0. Afif berhasil menendang bola menjauh dari pantulan Almoez di kotak penalti.

Lebanon tampil lebih agresif di babak kedua, namun pertahanan Qatar cukup kuat menghalau bola dan memblok tembakan.

Pada menit ke-56, Qatar memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Almouz mencatatkan namanya di papan skor saat menyundul umpan silang Mohammed Waad.

Lebanon berjuang untuk membuat shot on target ke gawang Qatar. Di sepuluh menit terakhir, Ali mendapat peluang bagus, namun tembakan jarak dekatnya kembali bisa diblok pertahanan Qatar dan hanya mendapat tendangan sudut.

Pada menit ke-88, Bugiel pun mendapat peluang. Pemain pengganti memanfaatkan kesalahan Afif dalam penguasaan bola, namun tendangannya dari luar kotak penalti tidak tepat sasaran.

Afif mebuat brace di menit ke-90+6. Afif berlari kencang masuk ke dalam kotak penalti, lalu tanpa celah dari barisan pertahanan Lebanon menendang bola dan meluncur mulus ke dalam gawang. Laga tuntas 3-0 buat kemenangan Qatar. (Stefanus Julian)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya