Ekonomi & Bisnis

Meraup Cuan dari Bisnis Martabak Telur dan Terang Bulan

Ekonomi & Bisnis

13 Februari 2024 12:01 WIB

Terang bulan dan martabak telur (Foto: Dok. Istimewa/Instagram)

SOLO, solotrust.com - Usaha martabak menjadi bisnis menggiurkan, mengingat jajanan ini biasanya menjadi pilihan sebagian orang saat ingin mencari makanan sebagai cemilan.

Salah seorang penjual martabak, Yanti mengaku mampu meraup omzet besar dari bisnisnya. Selama 12 tahun memutar roda usaha, martabak dagangannya selalu laris diserbu konsumen.



“Saya berjualan sudah 12 tahun. Awalnya, dulu cuma jualan roti bakar saja, tapi saya juga dapat banyak permintaan dari pembeli buat jualan martabak juga," ungkap Yanti.

"Nah dari situlah, akhirnya saya belajar autodidak mulai dari roti bakar sampai martabak. Terkadang saya juga diberi saran pembeli, bahkan saya juga diajari cara membuat martabak dan roti bakar yang benar oleh pelanggan,” tambahnya.

BrandMarbak Mantap yang ditawarkan Yanti dijajakan di kawasan Jalan MT Haryono Banjarsari. Menurutnya, kunci sukses bisnis martabak adalah menerima saran dan masukan dari konsumen.

"Jadi saya bisa membenahi lagi kekurangan dari setiap menu yang ada. Selain itu juga memberikan inspirasi untuk membuat  menu variasi baru. Berkat saran dari pembeli, maka mereka tidak bosan karena menunya hanya itu-itu saja,” kata Yanti.


Harga ramah di kantong juga membuat Martabak Mantap jadi pilihan konsumen. Yanti membanderol produk dagangannya dengan harga bervariasi. Roti bakar ditawarkan mulai Rp14.000 hingga Rp17.000, terang bulan mulai Rp14.000 hingga Rp25.000, dan martabak telur mulai Rp17.000 hingga Rp35.000.

Sebagai pelengkap, Yanti juga menawarkan jenis makanan lain, seperti burger, hot dog, dan roti bringas beef yang dibanderol dengan harga mulai Rp8.000 hingga Rp14.000.

“Setiap menu di sini hampir semua jadi best seller, mulai dari roti bakarnya, terang bulan, dan martabak telur. Saya juga membuat racikan bumbu dan adonan sendiri dengan beberapa tambahan bahan sepesial," beber Yanti.

"Ini semua juga berkat saran pembeli, jadi secara tidak langsung memberikan rahasia agar adonan maupun bumbu untuk campuran martabak menjadi enak. Selain itu, selai dan margarin untuk roti bakar tentunya saya menggunakan porduk dengan kualitas bagus,” sambung dia.

Salah seorang konsumen, Aldo mengaku sudah lama menjadi pelanggan Martabak Mantap. Alasannya, selain karena harganya relatif terjangkau, rasanya juga cukup enak.

“Saya sudah lama langganan martabak ini karena harganya tidak terlalu mahal, begitu juga dari segi rasa lumayan enak. Saya biasanya beli roti bakar cokelat keju susu dan martabak telur untuk dibawa pulang ke rumah,” ucapnya.

*) Reporter: Zefanya Permata Nindyatama

(and_)