Serba serbi

3 Amalan di Bulan Ramadan yang Tak Boleh Terlewatkan

Serba serbi

25 Maret 2024 15:05 WIB

Ilustrasi (Foto: Pixabay/derudyarra)

Solotrust.com - Ramadan adalah waktu penuh berkah bagi umat Islam di dunia. Selama bulan ini, umat Islam diwajibkan berpuasa sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari sebagai bentuk ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Selain menahan lapar dan dahaga, terdapat pula amalan-amalan lain sangat dianjurkan untuk dilakukan selama Ramadan. Berikut tiga amalan tak boleh terlewatkan di bulan suci ini:



1. Salat Tarawih

Tarawih adalah salat sunnah dilakukan pada malam hari selama Ramadan. Ibadah ini biasanya dilakukan setelah Salat Isya dan dapat dilaksanakan secara berjemaah di masjid atau rumah.

Tarawih memiliki keutamaan besar di mana pahala didapat dari salat ini dilipatgandakan. Melalui Salat Tarawih, umat Islam dapat memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

2. Membaca Alquran

Ramadan juga merupakan bulan di mana Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Oleh karena itu, membaca Alquran saat Ramadan memiliki keutamaan sangat besar.

Umat Islam dianjurkan membaca Alquran setiap hari, baik secara individu maupun berjemaah. Membaca Alquran tidak hanya sebagai kewajiban, namun juga merupakan bentuk penghormatan terhadap firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang suci. Dengan membaca kitab, umat Islam dapat memperoleh keberkahan dan petunjuk dalam menjalani kehidupan.

3. Memberikan Sedekah

Ramadan juga merupakan waktu sangat baik untuk memperbanyak sedekah. Aktivitas ibadah ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya dapat membersihkan harta, mendatangkan keberkahan, dan meraih rahmat dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Selama Ramadan, umat Islam dianjurkan lebih peka terhadap kebutuhan sesama dan berbagi rezeki kepada yang membutuhkan, baik dalam bentuk makanan, pakaian, maupun bantuan finansial. Memberikan sedekah merupakan amalan sangat dianjurkan selama bulan suci ini.

Dengan melaksanakan ketiga amalan di atas, umat Islam dapat memperoleh banyak keberkahan dan pahala di Bulan Ramadan. Semoga bulan suci ini menjadi waktu penuh berkah dan ampunan bagi kita semua. (Naufal Fawwaz Assalam)

(and_)