Ekonomi & Bisnis

Bandara Kertajati Akan Dikembangkan Sebagai Aerocity

Ekonomi & Bisnis

25 Mei 2018 15:35 WIB

Pesawat Kepresidenan Rep[ublik Indonesia saat mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. (dok)

MAJALENGKA, solotrust.com- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, ke depan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, di Kabupaten Majalengkaakan dikembangkan sebagai aerocity yang terintegrasi dengan titik-titik potensial.

“Aerocity ini sudah disiapkan tanahnya oleh Menhub seluas 3000 Ha. Di sini nanti akan ada jalan tol dari Bandung ke bandara, kemudian ini akan mengcover sampai ke Cirebon, Bandung.” Jelas Luhut.



“Kemudian juga nanti Pelabuhan Patimban kemudian juga nanti induatrial estate yang sekarang sedang kita proses antara Bekasi Karawang, Purwakarta itu jadi semua itu nanti akan jadi sangat sibuk sekali.” ucap Luhut dilansir dari setkab.go.id.

Selain akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Majalengka dan Provinsi Jawa Barat, dengan adanya Bandara Kertajati juga diharapkan dapat mengurangi traffic distribusi logistik di Jakarta.

Bandara Kertajati memiliki landas pacu atau runway berukuran 2.500 x 60 meter dan akan diperpanjang pada tahun ini menjadi 3.000 x 60 meter. Dengan runway ini bandara ini telah dapat didarati pesawat sejenis Boeing 777. Selain itu juga terdapat apron berukuran 576 x 151 meter persegi sehingga dapat menampung sebanyak 10 pesawat berbadan lebar.

Pada sisi barat Bandara Kertajati dilengkapi terminal penumpang berukuran 96.280 meter persegi. Dengan luas terminal saat ini Bandara Kertajati dapat menampung jumlah penumpang hingga 5 juta penumpang per- tahun.

(wd)